Konsultan Ahli Tani, Bibit, Pupuk & Prasarana Pertanian

Tanaman Hortikulturan

Budidaya Pisang: 10 Varietas Unggul Pisang di Indonesia

Varietas Unggul Pisang Sangat Penting untuk Meningkatkan Produktivitas dan Kualitas Tanaman Pisang sehingga akan menentukan Keuntungan yang Diperoleh Petani

Pisang (musa sp.) adalah tanaman asli dari Asia Tenggara namun saat ini pisang sudah ditanam secara meluas di berbagai negara tropis lainnya. Indonesia adalah Negara penghasil buah pisang utama di Asia dengan jumlah produksi lebih dari 6 juta ton per tahun sehingga Indonesia merupakan negara penghasil buah pisang terbesar di Asia. Produksi tersebut mencapai lebih dari 50% produksi pisang negara-negara Asia. Dari jumlah tersebut, sekitar 90% dikonsumsi untuk kebutuhan dalam negeri. Sisanya diekspor ke berbagai negara terutama negara-negara Arab, Tiongkok, Malaysia dan Singapura. Buah Pisang yang diekspor sebagian besar adalah Pisang Cavendis.

Varietas Unggul Pisang di Indonesia

Indonesia sebagai daerah asal tanaman pisang mempunyai banyak jenis dan varietas Pisang yang ditanam petani. Pemilihan Jenis dan Varietas pisang tersebut disesuaikan dengan kondisi alam seperti ketinggian tempat, Curah Hujan dan pola social budaya petani. Dari banyak jenis pisang tersebut terdapat 10 jenis pisang yang banyak diusahakan oleh petani dank e 10 jenis pisang tersebut termasuk dalam varietas unggul pisang Indonesia. 10 varietas pisang tersebut adalah:

  1. Pisang raja bulu

Pisang raja bulu sangat populer di Jawa terutama pisang ini biasa digunakan untuk perlengkapan upacara pernikahan adat jawa. Ada banyak nama untuk jenis pisang raja bulu yaitu Pisang Raja, Pisang Raja Manten, Pisang Raja Bulu. Buah pisang ini memiliki kulit yang tebal, saat matang kulitnya berwarna kuning oranye. Pisang raja bulu memiliki aroma yang harum. Jumlah buah per sisir terdapat 14-16 buah. Dalam satu tandan biasanya terdapat 6-19 sisir.

Varietas Unggul Pisang di Indonesia

  1. Pisang ambon

Terdapat dua jenis pisang ambon yang dikenal luas di masyarakat, yakni pisang ambon lumut dan pisang ambon kuning. Ambon lumut atau disebut juga pisang ambon hijau kulitnya berwarna hijau sesuai namanya meskipun dalam keadaan matang. Namun bila kelewat matang kulitnya menjadi agak kekuningan dengan bercak-bercak coklat.

Buah pisang ambon lumut berukuran sedang dengan panjang 15-17 cm. Banyak buah dalam satu sisir berkisar 20 buah. Dalam satu tandan terdapat 7-12 sisir.

Pisang ambon kuning memiliki ukuran yang sama dengan ambon lumut. Pembedanya ada pada kulitnya yang berwarna kuning dan bentuk buahnya lebih melengkung. Dalam satu tandan ambon kuning terdapat 6-9 sisir, satu sisirnya terdapat 20 buah.

Varietas Unggul Pisang di Indonesia

  1. Pisang kepok

Ada banyak jenis pisang kapok tetapi yang paling terkenal adalah pisang kapok kuning. Pisang kepok termasuk pisang olahan, umumnya disajikan dengan direbus atau digoreng. Kulitnya tebal berwarna kuning bila matang. Daging buahnya kekuningan. Dalam satu tandan biasanya terdapat 10-16 sisir, satu sisir terdiri dari 20 buah.

Varietas Unggul Pisang di Indonesia

  1. Pisang raja sereh

Pisang raja sereh dikenal juga dengan nama pisang susu. Pisang raja sereh memiliki kulit yang tipis berwarna kuning kecoklatan dengan bintik-bintik hitam.  Tekstur buahnya lembut, dagingnya berwarna putih sampai agak keuningan. Rasanya manis dan memiliki aroma yang khas.

Varietas Unggul Pisang di Indonesia

  1. Pisang barangan

Pisang barangan dikenal juga dengan nama pisang medan atau medan barangan. Buah ini populer dibudidayakan di Sumatera Utara meskipun penyebarannya sudah merata ke berbagai tempat di Indonesia.

Warna kulit pisang barangan kuning hingga kemerahaan saat matang. Pisang ini memiliki daging buah berwarna putih agak kekuningan. Buah tidak berbiji, manis, kering dan beraroma.

Varietas Unggul Pisang di Indonesia

  1. Pisang mas

Pisang mas sesuai dengan namanya berwarna kuning mulus saat matang. Pisang ini populer sebagai hidangan saat ada pesta atau hajatan. Biasanya disajikan dengan cara digantung dalam satu tandan.

Buah pisang mas berukuran kecil, kulitnya tipis daging buahnya putih kekuningan.  Daging buahnya lunak, rasanya manis dengan aroma yang khas. Dalam satu tandan biasanya terdapat 5-9 sisir, dan dalam satu sisirnya terdapat 18 buah.

Varietas Unggul Pisang di Indonesia

  1. Pisang mas kirana

Pisang mas kirana memiliki bentuk seperti pisang mas namun ukurannya agak besar. Berbeda dengan pisang mas yang cenderung mudah busuk, pisang mas kirana lebih tahan lama. Sehingga pisang ini lebih siap untuk dijadikan komoditas ekspor. Pisang Mas Kirana banyak ditanam petani di daerah Lumajang – Jawa Timur

Varietas Unggul Pisang di Indonesia

  1. Pisang nangka

Pisang nangka termasuk dalam jenis pisang yang harus diolah terlebih dahulu. Pisang ini jarang disajikan dalam bentuk segar karena daging buahnya cenderung kenyal.

Kulit buah pisang nangka cukup tebal dan berwarna hijau meskipun telah matang. Bila sudah kelewat matang baru berubah menjadi kekuningan hingga coklat. Pisang ini memiliki aroma khas mendekati aroma buah nangka.

Ukuran pisang nangka bisa mencapai panjang 15 cm. Dalam satu tandan terdapat 7-8 sisir, dan dalam satu sisir terdapat 14-24 buah.

Varietas Unggul Pisang di Indonesia

  1. Pisang tanduk

Sama seperti pisang nagka, pisang tanduk termasuk jenis pisang yang harus diolah sebelum dimakan. Ukuran pisang tanduk terbilang besar, panjangnya bisa mencapai 28 cm.

Bentuk buahnya melengkung. Kulit buah pisang tanduk berwarna kuning dengan bintik-bintik hitam, kulitnya cukup tebal. Warna daging buah kuning muda hingga putih kekuningan. Dalam satu tandan hanya terdapat 1-2 sisir dan setiap sisirnya terdapat 10-15 buah.

Varietas Unggul Pisang di Indonesia

  1. Pisang cavendish

Pisang cavendish merupakan buah pisang yang menjadi primadona ekspor. Kulit buahnya kuning mulus saat matang, tekstur dagingnya lembut, padat dan berisi. Rasanya sedikit asam.

Pisang cavendish merupakan primadona ekspor. Pisang ini diminati oleh pasar Timur Tengah dan Cina. Sayangnya cavendish rentan terhadap serangan hama dan penyakit tanaman

Dalam satu tandan biasanya terdapat 10-14 sisir, satu sisir terdapat 6-9 buah. Buahnya melengkung dengan panjang sekitar 15 cm.

Varietas Unggul Pisang di Indonesia

 

=====

Related:

10 Varietas Unggul Pisang, Pisang Raja Bulu, Pisang Ambon, Pisang Kepok, Pisang Raja Sere, Pisang Barangan, Pisang Mas, Pisang Mas Kirana, Pisang Nangka, Pisang Tanduk, Pisang Cavendis, Budidaya Pisang, Produktivitas dan Kualitas Pisang

Leave a Reply

error: Content is protected !!