Home / Tanaman Hortikulturan / Budidaya Pisang: Manfaat Tanaman Pisang bagi Kesehatan

Budidaya Pisang: Manfaat Tanaman Pisang bagi Kesehatan

Pisang dapat ditanam di seluruh daerah di Indonesia sehingga buah pisang  tergolong buah yang terkenal dan murah. Pisang juga merupakan buah yang sangat hygienis karena pisang dimakan setelah dikupas sehingga terjamin kebersihannya. Pisang sangat disukai oleh semua orang dari segala umur, mulai dari anak-anak sampai dewasa karena teksturnya yang empuk dan rasanya manis jika sudah matang. Buah pisang juga bisa diolah dengan berbagai macam cara, ada yang langsung dimakan, direbus, digoreng, dibuat selai pisang, diolah menjadi kripik ataupun dibuat yoghurt pisang. Berikut adalah manfaat dan kegunaan berbagai organ dalam tanaman pisang:

Manfaat Tanaman Pisang – Tandan pisang

  1. Umbi batang

Umbi batang atau yang di dalam tanaman pisang lebih sering disebut sebagai bongol pisang merupakan bagian tanaman yang biasanya digunakan sebagai bahan tanam tanaman pisang. Selain sebagai bahan tanam, bonggol juga memiliki beberapa kegunaan atau manfaat. Bonggol pisang dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembuat soda untuk sabun dan juga sebagai pupuk tanaman. Caranya, umbi diiris kemudian dibakar untuk dijadikan abu. Abu yang kemudian digunakan untuk bahan soda dan pupuknya.

Umbi batang beberapa jenis pisang, khususnya pisang klutuk dan pisang kapok dapat digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Disentri, pendarahan usus, amandel, dan memperbaiaki pertumbuhan rambut adalah beberapa contoh mafaat bonggol pisang untuk pengobatan. Umbi batang yang masih muda bisanya juga dapat dimanfaatkan untuk bahan makanan yaitu sebagai sayur.

  1. Batang tanaman (batang semu)

Batang semu tanaman pisang adalah batang yang tumbuh tegak yang menghubungkan bonggol dengan daun tanaman pisang. Batang semu bersifat tidak keras dan banyak mengandung air. Air yang terdapat di dalam batang bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit kencing panas dan juga menawarkan racun. Air dari batang semu beberapa jenis pisang juga dapat diguakan untuk menawarkan racun akibat terkena gigitan ular.

Batang semu tanaman pisang dapat juga dimanfaatkan untuk keperluan lain misalnya membungkus bibit tanaman dan tali tembakau. Kompos juga dapat dibuat dari batang semu tanaman pisang. Tidak jarang pula batang semu tanaman pisang digunakan untk campuran dalam media untuk budidaya belut. Batang Pisang juga bisa digunakan sebagai media tanam tanpa tanah seprti di bawah ini:

Manfaat Tanaman Pisang – Batang

Khusus pisang abaca yang diambil batang luarnya, batang luar dapat digunakan untuk diambil serat batangnya. Serat ini digunakan untuk bahan industri seperti kertas, tekstil, bahan baku uang yen dan dollar, pembungkus kabel, kertas the celup, popok bayi, pembalut wanita, dan bahan peredam suara pesawat terbang.

  1. Daun pisang

Daun pisang umumnya digunakan untuk pembungkus anekan makanan dan barang-barang lainnya. daun pisang yang sudah tua dapat digunakan untuk pakan hijauan ternak seperti sapi, kambing, kerbau, marmot, dan lain-lain. Kompos adalah hasil lain yang dapat dibuat dari daun pisang.

  1. Bunga pisang

Bunga pisang atau yang sering disebut jantung pisang memiliki kandungan lemak, protein, karbohidrat dan vitamin yang tinggi. Bunga pisang banyak digunakan untuk bahan baku sayuran. Bunga pisang juga dapat digunakan untuk aneka macam makanan seperti acar, manisan, sayur lalap, sayur lodeh, dan lain-lain.

Dalam 100 gram bunga pisang, terkandung31 kal kalori, 1,2 g protein, 0,3 g lemak, 7,1 g karbohidrat, 3 mg kalsium, 50 mg fosfor, 0,05 mg vitamin B, 10 mg vitamin C, dan 90,2 g air.

Manfaat Tanaman Pisang – Bunga

  1. Buah pisang

Buah pisang adalah yang paling banyak digunakan atau dimanfaatkan. Buah pisang dapat dimakan sebagai buah segar ataupu dapat juga dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan aneka makanan olahan. Buah pisang mengandung serotonin yang dapat digunakan untuk menghambat pengeluaran adam yang berlebh di lambung. Buah pisang yang dicampur dengan air kelapa dan madu bermanfaat untuk pengobatan campak, hepatitis, tuberkolosis, dan radang tonsil. Pisang mas dapat digunakan sebagai obat hepatitis sedangkan pisang klutuk dapat dimanfaatkan untuk obat penyakit disentri

Manfaat Tanaman Pisang – Siap di peram

Manfaat Buah Pisang bagi Kesehatan

Manfaat buah pisang untuk kesehatan dapat ditinjau dari kandungan gizi yang terdapat di dalamnya.

  1. Bagus untuk pencernaan
    Buah pisang merupakan buah yang mudah dicerna, kandungan gula yang terdapat di dalamnya diubah menjadi sumber energi yang bagus dengan proses yang cepat.
  2. Mengobati anemia
    Untuk Anda penderita anemia, makanlah 2 buah pisang dalam sehari. Kandungan zat besi (Fe) di dalamnya cukup tinggi.
  3. Baik untuk lambung dan mencegah kanker usus
    Kandungan gula yang terdapat di dalam buah pisang dapat dipakai sebagai sumber energi yang bisa bertahan lama, karenanya bagus untuk lambung dan dapat mencegah penyakit kanker usus.
  4. Mencegah asma
    Mengonsumsi satu buah pisang setiap harinya dapat menurunkan gejala asma sebesar 34%, disebabkan karena kandungan antioksidan dan vitamin yang terdapat di dalam buah pisang.
  5. Diet alami
    Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan atau diet alami, dapat mengonsumsi buah pisang. Orang dapat kehilangan berat badan dengan berdiet 4 buah pisang dan 4 gelas susu non-folat, minimal 3 hari dalam seminggu. Diet tersebut juga membuat kulit wajah tidak berminyak dan bersih.
  6. Menyegarkan wajah
    Bubur pisang ditambah sedikit susu dan madu, kemudian dioleskan ke wajah setiap hari secara teratur selama 30 – 40 menit, kemudian dibasuh dengan air hangat, terakhir dibasuh dengan air dingin, akan membuat wajah Anda segar dan lebih bersih. Penggunaan resep ini diulang selama 15 hari.
  7. Bagus untuk wanita hamil
    Bagi wanita hamil, sangat disarankan mengonsumsi buah pisang. Kandungan asam folatnya mudah diserap melalui rahim. Namun juga tidak boleh terlalu berlebihan, karena 1 buah pisang mengandung 85 – 100 kalori.

Khasiat lain buah pisang adalah obat luka lambung, menurunkan kolesterol darah, menjaga kesehatan jantung, membantu melancarkan oksigen ke dalam otak, menumbuhkan rambut, menghaluskan kulit, dan lain-lain.

Beberapa Jenis Pisang yang Populer di Indonesia

Tumbuhan pisang banyak jenisnya. Di antaranya ada pisang kepok, pisang tanduk, pisang mas, pisang ambon, pisang susu, pisang nangka, pisang raja, dan pisang barangan. Berikut ini deskripsi beberapa jenis buah pisang.

  1. Pisang raja
    Jenis pisang raja adalah yang paling banyak ditanam di daerah Jawa. Ciri-cirinya, buah melengkung, kulitnya tebal agak kasar, warnanya kuning orange saat sudah matang. Daging buahnya berwarna kuning kemerahan, tanpa biji. Rasa buahnya manis dan legit, serta aromanya harum.
  2. Pisang ambon
    Uniknya pisang ini tetap berwarna hijau atau hijau lumut saat sudah matang, jika sudah kelewat matang maka warnanya kekuning-kuningan bercampur bercak coklat. Bentuk buahnya lurus dengan panjang 15-17 cm, berdiameter 42 mm. Kulit buah agak tebal. Warna daging buah kuning agak putih. Aromanya kuat dan tidak berbiji.
  3. Pisang barangan
    Ciri-cirinya bentuk buah lurus, pangkalnya bulat dengan panjang rata-rata 11 cm, diameter 30 mm. Daging buahnya berwarna kuning agak putih, kering, manis, dan tidak berbiji.

Buah pisang yang terkenal di Indonesia memang cukup membawa manfaat. Manfaat buah pisang ternyata tidak hanya enak dimakan, tetapi juga mengobati penyakit, dan bagus untuk kecantikan.

==========

Related:

Buah Pisang, Manfaat buah pisang, Manfaat bonggol pisang, manfaat daun pisang, Manfaat Batang Pisang, Manfaat Bunga pisang, Manfaat buah pisang bagi kesehatan, Budidaya pisang, Jenis-jenis pisang

loading...

Check Also

Budidaya Pisang: 3 Cara Pembibitan Pisang yang Bagus dan Berkualitas

Pisang adalah salah satu komoditas penting dalam industry perkebunan terutama buah-buahan. Buah pisang sangat mudah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!