Home / Sekilas Info / Mengenal Gula Darah

Mengenal Gula Darah

Pastinya kita pernah mendengar yang namanya penyakit Gula Darah atau Diabetes Melitus. Saat ini penyakit Gula Darah atau Diabetes adalah penyakit yang sangat berbahaya dan menjadi salah satu jenis penyakit yang paling banyak diderita oleh banyak orang, terutama adalah mereka yang sudah lanjut usia. Tapi tentu saja tak Cuma mereka yang sudah lanjut usia saja yang bisa terkena penyakit diabetes ini, namun bagi anda yang masih muda pun kalau tidak menjaga pola makan dengan baik dan benar, bisa juga mengalami yang namanya penyakit diabetes.  Penyakit diabetes atau yang popular juga dengan sebutan penyakit kencing manis ini terjadi karena kadar gula darah yang ada didalam tubuh pun meningkat. Nah apakah yang dimaksud dengan Gula Darah?

Pastinya meskipun anda sudah cukup familiar sekali dengan yang namanya penyakit diabetes atau kencing manis, namun masih banyak pula yang sering bertanya apa itu gula darah? Gula darah sendiri merupakan bahan bakar yang sangat dibutuhkan sekali untuk kerja dari system saraf, kerja otak dan juga berbagai macam kinerja jaringan tubuh yang lainnya. Gula darah didalam tubuh kita dihasilkan oleh berbagai macam makanan, terutama adalah makanan yang mengandung protein, lemak dan karbohidrat. Kandungan gula darah di dalam tubuh kita bisa dalam kondisi kekurangan atau kelebihan. Kondisi kekurangan gula darah disebut hipoglekimia sedangkan kekurangan gula darah disebut dengan hiperglikemia. Kondisi kekurangan dan kelebihan gula darah dapat menimbulkan penyakit yang sangat berbahaya.

Jadi yang namanya gula darah ini tentu saja sangatlah penting sekali untuk tubuh kita. Supaya kinerja otak, system saraf maupun jaringan tubuh yang lainnya pun menjadi lebih optimal lagi.  Biasanya didalam tubuh seseorang tak hanya memiliki kadar gula yang normal. Namun ada juga yang mengalami kadar gula darah yang rendah. Biasanya kadar gula yang rendah tersebut terjadi karena kinerja kelenjar pankreas yang mengalami penurunan, atau bisa juga disebabkan karena kurangnya asupan gizi didalam tubuh serta kurang istirahat. Kadar gula darah yang rendah ini biasanya sering disebut dengan hipoglekimia, dan tentu saja sangat berbahaya jika dibiarkan begitu saja. Karena bisa membuat kinerja pada organ didalam tubuh pun menjadi terganggu. Beberapa cara menjaga kadar gula kita tetap dalam kondisi normal adalah:

  • Menghindari untuk mengkonsumsi alkohol
  • Berhenti merokok dan mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein
  • Berolah raga secara teratur sesuai dengan kemampuan tubuh tetapi jangan berolah raga yang terlalu berat
  • Makan secara teratur, dan jangan sampat telat makan
  • Perbanyak makanan yang bergizi

Selain kadar gula yang rendah, ada juga yang namanya kadar gula tinggi, yang menjadi pemicu utama terjadinya penyakit diabetes. Kadar gula yang tinggi ini biasanya disebut dengan hiperglikemia. Jika mereka mengalami kadar gula yang sangat tinggi, tentu saja ada banyak sekali berbagai macam hal yang harus dihindari, supaya kadar gula yang ada didalam darah pun tidak terus bertambah. Beberapa hal yang harus dihindari agar kadar gula didalam darah tidak semakin tinggi yaitu:

  • Mengurangi asupan karbohidrat, terutama nasi putih. Namun anda bisa menggantinya denagn menggunakan roti gandum ataupun beras merah, yang rendah karbohidrat dan aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.
  • Menghindari berbagai macam minuman yang manis. Terutama adalah minuman yang mengandung pemanis buatan.
  • Stress yang berlebihan juga ternyata bisa menyebabkan semakin meningkatnya kadar gula yang ada didalam tubuh
  • Menghindari berbagai macam makanan siap saji alias junkfood, yang bisa membuat kadar gula didalam tubuh anda bisa semakin meningkat

Jadi anda sudah mengerti apa itu gula darah bukan, dan semoga info atau ulasan yang sudah kami berikan ini bisa bermanfaat untuk anda.

====

Related:

Penyakit Gula Darah, Penyakit Diabetes Melitus, Kadar Gula Darah, Gula Darah Rendah, Gula Darah Tinggi, Mengenal Penyakit Gula Darah.

loading...

Check Also

ISLAM adalah Kebenaran: Satu Tuhan, Satu Kemanusiaan, Satu Agama, Banyak Nabi

Dengan Nama Allah, yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Al-Qur’an diturunkan dalam bahasa Arab, adalah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!