Home / Sekilas Info / Tahukah Anda Tentang Diabetes Militus atau Kencing Manis?

Tahukah Anda Tentang Diabetes Militus atau Kencing Manis?

Penyakit Kencing Manis atau Diabetes Militus adalah sebuah penyakit degeratif yang sangat berbahaya. Siapa yang tak pernah mendengar diabetes atau penyakit kencing manis ini?  Diabetes atau penyakit kencing manis merupakan salah satu jenis penyakit paling popular di indonesia karena memang ada banyak sekali jumlah penderitanya dan terus meningkat dari tahun ke tahun seiring dengan perubahan pola hidup masyarakat.  Diabetes Militus atau Penyakit kencing manis adalah sebuah penyakit yang diakibatkan karena menurunnya kinerja kelenjar pancreas sehingga insulin yang dihasilkan tidak sesuai dengan yang dibutuhkan. Kelendar pancreas adalah kelenjar ludah yang berada di perut yang berfungsi untuk memproduksi insulin yang sangat penting dalam proses metabolism tubuh. Pada penderita diabetes, kelenjar pankreasnya tidak bisa memproduksi insulin didalam tubuh karena berbagai sebab. Insulin ini sangat berperan penting dalam prose penguraian atau perombakan  glukosa didalam tubuh untuk diubah menjadi energy ataupun tenaga yang sangat dibutuhkan untuk beraktifitas. Karena tidak bisa terurai dengan sempurma maka glukosa akan bercampur dengan darah dan menyebabkan penyakit diabetes militus atau biasa disebut kencing manis atau penyakit gula. Hal tersebut terjadi karena kadar gula didalam tubuh yang sangat tinggi sekali.

Penyakit Diabetes militus atau kencing manis ini sangat berbahaya dan biasanya terlambat ditangani. Penyakit diabetes ini harus ditangani dengan baik terutama bila penderita penyakit ini terkena luka. Bila kadar gula darah sudah  sangat tinggi luka yang terjadi akan sulit sekali sembuh untuk sembuh sehingga perlu penanganan khusus. Luka tersebut dila tidak ditangani dengan benar akan terus menjalar keseluruh bagian tubuh dan bila sudah akut bisa membusuk. Banyak penderita diabetes harus merelakan bagian tubuh yang sakit diamputasi karena luka yang sudah terlanjur membusuk.

Penyakit diabetes atau kencing manis dapat dideteksi melalui uji kadar gula darah di Laboratorium. Jika kadar gula darah yang ada didalam tubuh anda lebih dari 200 mg/dL, maka anda harus mulai mengubah pola makan dan pola hidup. Kadar gula diatas 200mg/dl adalah batas peringatan terjadinya serangan penyakit diabetes atau kencing manis.

Diabetes Militus atau Kencing Manis – Penyakit Paling Jahat

Bebepara pola hidup yang bisa menyebabkan terjadinya penyakit diabetes militus atau kencing manis adalah:

  1. Kurang tidur

Kalau anda kurang tidur ataupun kurang istirahat maka system metabolisme didalam tubuh pun menjadi terganggu, dan hal tersebutlah yang bisa membuat proses glukosa didalam tubuh pun menjadi terganggu.  Sehingga hal tersebut juga bisa meningkatkan yang namanya kadar glukosa yang sangat tinggi.

  1. Stress

Pemicu lainnya yang bisa menyebabkan terjadinya diabetes adalah karena kerap mengalami yang namanya stress berlebihan.  Karena dengan stress yang berlebihan ini, akan semakin memudahkan untuk meningkatkannya produksi hormone epinephrine dan kortisol

  1. Merokok

Bagi anda yang gemar merokok, anda bisa dengan mudah terkena penyakit diabetes. Karena peluang perokok aktiv untuk terkena diabetes adalah 22 %.  Sebab dengan merokok aktiv kadra gula didalam darah pun menjadi mudah naik.

  1. Sering mengkonsumsi minunam bersoda

Salah satu pemicu terjadinya kenaikan gula darah didalam tubuh adalah karena seringkali mengkonsumsi berbagai macam jenis minuman yang bersoda. Karena memang didalam minuman yang bersoda ini banyak kandungan pemanis buatan yang tentu saja tidak menyehatkan dan bisa menaikkan  kadar gula didalam darah.

  1. Sering mengkonsumsi Junk Food atau Fast Food

Kalau anda sering mengkonsumsi berbagai macam jenis makanan siap saji alias junkfood, tentu saja hal tersebut sangat berbahaya sekali. Karena yang namanya junk food ini bisa menyebabkan terjadinya kenaikan kadar gula didalam darah supaya menjadi meningkat. Beberapa jenis makanan fast food atau Junk food adalah burger, hot dog, dan berbagai makanan siap saji lainnya.

Agar dapat mengurangi faktor risiko diabetes mellitus tersebut, pemerintah telah mengeluarkan aturan tentang kandungan gula pada makanan ringan di Indonesia yang di muat dalam Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) No. 208/1985 tentang Pemanis Buatan dan Permenkes No 722/1988 tentang Bahan Tambahan Makanan.

  1. Kurang Berolah Raga

Dalam kehidupan modern yang serba sibuk dan menyita waktu, tenaga dan pikiran biasanya olah raga menjadi suatu kegiatan yang dikorbankan atau ditinggalkan. Padahal tubuh memerlukan kegiatan olahraga secara rutin dan teratur.

Kenali Gejala Diabetes Militus lebih dini

Kita  harus benar-benar menerapkan pola hidup yang sehatdan teratur supaya terhindar dari penyakit Diabetes militus atau kencing manis. Pola hidup teratur terutama pola dan konsumsi makanan yang baik disertai dengan olah raga yang rutin bisa menjaga kadar glukosa didalam tubuh kita tetap normal sehingga kita bisa terhindar dari penyakit diabetes atau kencing manis. Berikut ini adalah beberapa cara supaya kita bisa mencegah terjadinya penyakit diabetes, yaitu :

  1. Olah raga yang rutin, supaya kadar gula darah pun menjadi terkontrol dengan baik
  2. Mengindari berbagai macam jenis makanan yang mengandung pemanis buatan ataupun makanan siap saji alias junk food
  3. Istirahat yang cukup, supaya kadar gula darah didalam tubuh anda pun bisa terkontrol
  4. Hindarilah stress berlebihan, yang juga bisa menyebabkan atau pemicu terjadinya diabetes.

Mencegah lebih baik daripada mengobati, untuk itu mari kita mulai terapkan hidup sehat, pola konsumsi makan yang benar dan olah raga secara rutin sesuai kebutuhan tubuh. Disamping itu jangan lupa terus beribadah dan berdoa pada Allah swt, tuhan yang maha kuasa agar kita dan keluarga kita terhindar dari penyakit diabetes militus atau kencing manis.

=====

Related:

Diabetes Militus, Penyakit Kencing Manis, Hidup teratur, Olahraga teratur, Diabetes militus penyakit yang berbahaya, mengenal Diabetes militus

loading...

Check Also

ISLAM adalah Kebenaran: Satu Tuhan, Satu Kemanusiaan, Satu Agama, Banyak Nabi

Dengan Nama Allah, yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Al-Qur’an diturunkan dalam bahasa Arab, adalah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!