Home / Tanaman Perkebunan / Menanam Buah-buahan di Halaman Belakang Rumah (Backyard Culture)

Menanam Buah-buahan di Halaman Belakang Rumah (Backyard Culture)

Bagaimana Menanam Buah-buahan di Halaman Belakang atau Backyard Culture?

Menanaman Buah-buahan di Halaman Belakang atau Backyard Orchard adalah sebuah usaha untuk memanfaatkan lahan di halaman belakang rumah (Backyard) menjadi sebuah kebun dengan beraneka jenis tanaman buah. Tujuan menanam buah-buahan di halaman belakang atau Backyard Orchard culture adalah kita bisa melakukan panen buah yang sudah masak dari pohonnya secara berkala dan berkesinambungan  dari sebuah ruangan kecil di halaman belakang. Hal ini bisa dilakukan dengan cara menanam berbagai macam pohon buah-buahan dengan jarak rapat secara tumpangsari (mix cropping) dan menjaga tanaman tersebut tetap kecil dengan cara melakukan pemangkasan secara teratur.

Tanaman mangga Cocok ditanam di halaman Belakang 

Penanaman Pohon di halaman belakang adalah hobby bukan kebun komersial

Sebagian besar informasi tentang budidaya tanaman buah-buahan berasal dari budidaya tanaman di kebun komersial (plantation). Prinsip dasarnya adalah menumbuhkan tanaman untuk mencapai ukuran maksimumnya sehingga diperoleh hasil yang maksimal. Untuk mencapai hal ini diperlukan tangga sekitar 3.5 meter untuk pemangkasan (topping), penjarangan dan memilih buah yang akan dipanen.  Diperlukan tanah seluas 37 sampai 56 meter untuk per pohon. Jarak antar pohon juga harus bisa untuk dioperasikannya traktor.

Seorang pekebun (grower) komersial tidak akan pernah mempertimbangkan menggunakan metode nya pada lahan seluas 27.5 X 30.5 meter di belakang rumahnya. Kebanyakan orang saat ini tidak memerlukan atau tidak mengharapkan hasil secara komersial dari pohon buah-buahan yang ditanam di halaman belakang rumah mereka. Pemilik rumah yang menjadikan halaman belakang rumahnya menjadi subah kebun dengan beraneka macam buah-buahan adalah untuk kesenangan atau hobby saja. Mereka pada umumnya mengharapkan terjadinya panen buah sepanjang tahun. Untuk selanjutnya kebun buah-buahan di belakang rumah ini kita sebut dengan Backyard Orchard.

Jambu Kristal bisa sebagai alternative – berbuah sepanjang musim

Penanaman Populasi Tinggi Dan Pengaturan Pembungaan adalah konsepnya

Konsep penanaman buah-buahan di halaman belakang rumah adalah penanaman dengan jarak rapat sehingga populasi per satuan luasnya menjadi tinggi. Misalnya pohon manga yang biasanya ditanam dengan jarak tanam 8 x 8 meter bisa dirapatkan menjadi 2 x 4 meter. Karena ruang yang tersedia sangat terbatas maka perlu digunakan satu atau lebih teknik untuk penanaman jarak rapat dan membentuk canopy pohon buah-buahan tersebut. Teknik yang paling umum digunakan adalah menanam dua, tiga atau empat pohon dalam satu lubang, membentuk tajuk tanaman dengan pemangkasan dan merambatkan tanaman dalam pagar.

Anggur sebagai tanaman alternative – mudah dibentuk dan dirambatkan

Penanaman jarak rapat menawarkan keuntungan tambahan yaitu membatasi kekuatan tumbuhnya pohon. Sebuah pohon tidak akan tumbuh sangat besar ketika ada pohon pesaing di dekatnya. Pohon pesaing akan membatasi ruang gerak pohon yang lainnya. Kelemahannya adalah pohon akan terus tumbuh meninggi karena persaingan untuk mendapatkan sinar matahari. Cara termudah untuk mengaturnya adalah melakukan topping dan Prunning. Topping akan membatasi pertumbuhan ke atas sehingga merangsang pertumbuhan ke samping. Prunning akan membentuk tajuk atau kanopi pohon sesuai dengan keinginan kita

Penanaman jarak rapat yang terbaik adalah ketika satu batang bawah digunakan untuk beberapa jenis tanaman secara bersama-sama. Contoh penanaman empat jenis tanaman dalam satu lubang adalah empat jenis pohon mangga yang ditanam pada satu batang bawah mangga manalagi akan lebih mudah untuk dikelola daripada memelihara 4 kombinasi dari 4 jenis mangga dengan batang bawah yang berbeda yaitu  satu pohon di mangga manalagi, satu di mangga kiong, satu di mangga gadung, dan satu di mangga golek.

Masa panen tanaman buah yang kita tanam bisa kita atur dengan cara menanam berbagai jenis buah-buahan yang waktu panenannnya berbeda-beda. Disamping itu kita juga bisa menanam berbagai jenis varietas tanaman  buah dengan yang mempunyai waktu pemasakan berbeda. Contoh yang umum adalah kita bisa menanam Mangga, jeruk, Belimbing, Rambutan, Jambu air dan Jambu biji dalam halaman belakang Rumah kita. Bisa juga kita tanam beberapa pohon pisang di sudut-sudt halaman. Dengam pola pemeliharaan dan pengaturan budidaya yang bagus, kita bisa panen buah sepanjang waktu dari halaman belakang rumah kita. Lihat video di bawah yang menunjukkan tanaman mangga di halaman Rumah

Demikian sedikit ulasan tentang bagaimana menanam tanaman buah di halaman belakang rumah kita. Semoga kita bisa memanfaatkan setiap jengkal tanah di sekitar kita.

=====

Related:

Tanaman buah di halaman belakang rumah, Menanam buah-buahan di halaman belakang rumah, Budidaya tanaman di halaman belakang rumah, Backyard culture, Perkebunan komersial, Tanaman Mangga, Tanaman Anggur, Jarak tanam Rapat, Pemangkasan Pohon, Pengaturan pembuahan, Penanaman populasi tinggi

 

loading...

Check Also

Deskripsi 7 Varietas Unggul Tembakau Rajangan dan Krosok di Jawa Timur

Deskripsi 7 Varietas Unggul Tembakau Rajangan dan Krosok di Jawa Timur yang tersebar di Madura, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!