Home / Sekilas Info / AWAS KOLESTEROL TINGGI

AWAS KOLESTEROL TINGGI

Kita sering mendengar kata “Kolesterol”. Apakah arti pentingnya kolesterol bagi tubuh kita? Kolesterol adalah salah satu senyawa atau zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Kolesterol dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu membangun sel‐sel baru agar tubuh bisa tetap berfungsi secara normal. Selain itu, kolesterol juga membantu tubuh memproduksi vitamin D, sejumlah hormon, dan asam empedu untuk mencerna lemak. Di dalam darah, kolesterol dibawa oleh protein. Gabungan keduanya (lemak dan protein) disebut dengan lipoprotein . Ada dua jenis lipoprotein didalam tubuh kita yaitu lipoprotein dengan kepadatan rendah (LDL) yang biasa disebut dengan Kolesterol Jahat dan lipoprotein dengan kepadatan tinggi (HDL) yang biasa disebut dengan Kolesterol Baik.

TENTANG KOLESTEROL TINGGI

Kolesterol tinggi atau hiperkolesterolemia adalah kondisi dimana tingkat kolesterol dalam darah yang melampaui kadar yang normal, kondisi kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko terkena penyakit serius. Batas normal kolesterol dalam tubuh adalah 160–200 mg.

Penyakit yang mengintai penderita kolesterol tinggi biasanya dikaitkan dengan adanya pengendapan kolesterol berlebihan pada pembuluh darah, seperti stroke dan serangan jantung. Kelebihan kolesterol bisa terjadi akibat mengonsumsi makanan dengan kandungan kolesterol tinggi atau karena kurang berolahraga. Namun, kondisi ini juga bisa terjadi akibat faktor keturunan.

GEJALA KOLESTEROL TINGGI

Beberapa Gejala yang mungkin menjadi penanda awal bahwa kita terkena kolesterol tinggi adalah:

  1. Sering pusing belakang kepala. Pusing di belakang kepala diakibatkan oleh penyumbatan pembuluh darah di sekitar kepala.
  2. Tengkuk dan pundak pegal. Pegal di tengkuk dan pundak merupakan implikasi dari aliran darah yang tidak lancar pada pembuluh darah
  3. Sering pegal di tangan dan kaki. Pembuluh darah di tangan dan kaki juga dapat tersumbat akibat penumpukan kolesterol.
  4. Sering kesemutan di tangan dan kaki. Hampir sama dengan pegal, kesemutan merupakan implikasi dari aliran darah yang tidak lancar di bagian tubuh tertentu
  5. Dada sebelah kiri seperti tertusuk. Penyumbatan di pembuluh darah sekitar jantung dapat mengakibatkan rasa nyeri seperti ditusuk. 

PENYEBAB & FAKTOR RESIKO

  1. Pola makan, Mengonsumsi terlalu banyak lemak jenuh (Daging, Jeroan, daging unggas, telur, keju, minyak kelapa, kuekue, serta berbagai jenis makanan yang digoreng).
  2. Berat badan, Tumpukan lemak di sekitar perut dan pinggang meningkatkan kadar trigliserida dan menurunkan HDL atau kolesterol baik.
  3. Tingkat aktivitas, Kurang beraktivitas juga akan meningkatkan kadar LDL atau kolesterol jahat dan membuat HDL terlalu sedikit.
  4. Usia dan jenis kelamin, Di atas usia 20 tahun, kadar kolesterol secara alami cenderung meningkat
  5. Kesehatan keseluruhan, Jangan lewatkan pemeriksaan kesehatan rutin.
  6. Riwayat keluarga, Faktor keturunan ternyata juga berperan dalam terjadinya kelebihan kolesterol jahat.

CARA MENURUNKAN KADAR KOLESTEROL

  1. Batasi konsumsi lemak jenuh dan perbanyak makan serat. Konsumsi bekatul akan sangat baik bagi kesehatan dan bisa menurunkan kadar kolesterol karena bekatul mengandung serat cukup tinggi. Sebenarnya Serat apapun yang kita makan (Oats, Sayur-sayuran, Buah-buahan) akan mengikat sebagian lemak di dalam tubuh dan dibuang bersama kotoran saat BAB.
  2. Hindari lemak Antara (Trans fat). Kini telah diketahui ternyata Kadar TransFat jauh lebih berbahaya daripada Kadar Kolestrol Jenuh. Itu adalah salah satu alasan kenapa makanan ringan (snack) dan makanan Cepat Saji harus mencantumkan Kalori Total, Kalori dari Lemak dan juga Kadar TransFat. Minyak Kelapa dan minyak kacang tanah mengandung transFat sedangkan Minyak Sawit bebas TransFat sehingga minyak sawit secara umum lebih sehat.
  3. Pertahankan berat badan normal karena Kegemukan atau Obesitas dapat memperburuk Kadar Kolesterol di dalam darah
  4. Olahraga Teratur
  5. Kunjungi dokter Anda bila diperlukan

“Gaya hidup sehat sangat diperlukan dalam menangani kondisi kolesterol tinggi. Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang adalah salah satu langkah utama yang bisa dilakukan dalam mencegah atau menurunkan kadar kolesterol“

====

Related:

Kolesterol, Kolesterol Tinggi, Gejala Kolesterol, LDL, HDL, Lipoprotein, Faktor Resiko Kolesterol, Menurunkan Kolesterol, Gaya Hidup, Olahraga Teratur.

loading...

Check Also

ISLAM adalah Kebenaran: Satu Tuhan, Satu Kemanusiaan, Satu Agama, Banyak Nabi

Dengan Nama Allah, yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Al-Qur’an diturunkan dalam bahasa Arab, adalah …

3 comments

  1. Wah artikel yang sangat bermanfaat! Terimakasih sudah berbagi. Harus mulai dari sekarang sadar menjaga kesehatan untuk masa tua nanti 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!