Home / Sekilas Info / ISLAM adalah Kebenaran: Satu Tuhan, Satu Kemanusiaan, Satu Agama, Banyak Nabi

ISLAM adalah Kebenaran: Satu Tuhan, Satu Kemanusiaan, Satu Agama, Banyak Nabi

Dengan Nama Allah, yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Al-Qur’an diturunkan dalam bahasa Arab, adalah Firman Allah swt yang diturunkan kepada nabi Muhammad saw sebagai nabi terakhir. Al-Qur’an adalah wahyu Allah yang terakhir kepada umat manusia.  Al-Qur’an memberikan tuntunan dan pegangan kepada seluruh umat manusia dalam semua sisi kehidupan. Barangsiapa berpegang kepada Al-Qur’an dan Hadits Nabi Muhammad saw maka kehidupannya akan selamat.

Satu Tuhan yaitu Allah swt

Dan Tuhanmu adalah Tuhan yang Maha Esa; Tidak ada Tuhan Melainkan Dia, yang maha Pemurah lagi maha penyayang (QS 2: 163)

Katakanlah: Dialah Allah yang Maha Esa; Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu; Dia tidak beranak dan tidak pula diperanakkan; dan tidak ada sesuatupun yang setara dengan Dia (QS 112  : 1 – 4)

Satu Kemanusiaan

Hai manusia! Sesungguhnya Kmai (Allah) menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang-orang yang paling takwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui dan Maha Mengenal (QS 49: 13)

Satu Agama yaitu Agama Islam

Sesungguhnya agama (yang diridhai) disisi Allah hanyalah Islam. Tiada berselisih orang-orang yang telah diberi Al Kitab kecuali sesudah dating pengetahuan kepada mereka, karena kedengkian (yang ada) diantara mereka. Barangsiapa yang kafir terhadap ayat-ayat Allah maka sesungguhnya Allah sangat cepat hisab-Nya (QS 3: 19)

Banyak Nabi

Allah telah mengangkat Utusan (Nabi) Dalam setiap bangsa, yang memberitakan pesan yang sama yaitu Ibadah hanya kepada Allah swt dan menghindari kejahatan.

Dan sesungguhnya Kami (Allah) telah mengutus Rasul pada tiap-tiap umat (bangsa) (untuk menyerukan): Sembahlah Allah (saja), dan jauhilah Thaghut itu, maka diantara umat itu ada orang-orang yang diberi petunjuk oleh Allah dan adapula diantaranya orang-orang yang telah pasti kesesatan baginya. Maka berjalanlah kamu dimuka bumi dan perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang yang mendustakan(rosul-rosulnya) (QS 16: 36)

Allah telah menyebutkan cerita dari beberapa utusan dalam Al Qur’an, dan lainnya Dia tidak.

Dan sesungguhnya telah Kami utus beberapa orang rosul sebelum kamu, diantara mereka ada yang Kami seritakan kepadamu dan diantara mereka ada (pula) yang tidak Kami ceritakan kepadamu. Tidak dapat bagi seorang rosul membawa suatu mukjizat, melainkan dengan seizing Allah, diputuskan (semua perkara) dengan adil. Dan ketika itu rugilah orang-orang yang berpegang kepada yang batil (QS 40: 78)

Satu Arah Ibadah: Ka’bah

  • Rumah ibadah pertama yang didirikan untuk menyembah Tuhan yang Esa, Allah swt
  • Dibangun oleh Nabi Ibrahim dan putranya , Nabi Ismail atas Perintah Allah swt
  • Ka’bah adalah arah untuk beribadah (sholat) dan berdoa, bukan obyek untuk pemujaan

Ka’bah sebagai pusat arah ibadah semua umat islam

Semua Nabi Membawa Agama yang Sama yaitu Agama Islam

Dari Nabi Adam as sampai dengan Nabi Muhammad saw: Hanya ada satu pesan yaitu agama ISLAM. Jadi Islam adalah agama semua Nabi. Islam juga yang diperintahkan kepada Nabi Nuh as, Nabi Ibrahim as, Nabi Musa as, Nabi Isa as dan Nabi Muhammad saw

Dia telah mensyari’atkan bagi kamu tentang agama apa yang telah diwasiatkan-Nya kepada Nuh dan apa yang telah Kami wahyukan kepadamu dan apa yang telah Kami wasiatkan kepada Ibrahim, Musa dan Isa yaitu: Tegakkanlah agama dan janganlah kamu berpecah belah tentangnya. Amat berat bagi orang-orang musyrik agama yang kamu seru mereka kepadanya. Allah menarik kepada agama itu orang yang dikehendaki-Nya dan memberi petunjuk kepada (agama)-Nya orang yang kembali (kepada-Nya). (QS 42: 13)

Ibrahim as adalah seorang Muslim

Nabi Ibrahim as adalah seorang Muslim, Dia bukan seorang Yahudi atau Kristen karena ia sangat percaya kepada allah tuhan yang maha esa.

Ibrahim bukan seorang Yahudi dan bukan (pula) seorang Nasrani, akan tetapi dia adalah seorang yang lurus lagi berserah diri (kepada Allah) dan sekali-kali bukanlah dia termasuk golongan orang-orang musyrik. (QS 3: 67)

Lalu mengapa begitu banyak agama yang berbeda?

Satu Agama dari Allah – Islam – yang dibawa oleh nabi sebelumnya menjadi banyak agama yang berbeda ketika diubah dengan deviasi & distorsi. Islam menjadi terpecah belah dan banyak agama karena rasa iri dan egois (dan pelanggaran) di antara umat manusia

Dan mereka (ahli kitab) tidak berpecah belah, kecuali setelah datang pada mereka ilmu pengetahuan, karena kedengkian di antara mereka. Kalau tidaklah karena sesuatu ketetapan yang telah ada dari Tuhanmu dahulunya (untuk menangguhkan azab) sampai kepada waktu yang ditentukan, pastilah mereka telah dibinasakan. Dan sesungguhnya orang-orang yang diwariskan kepada mereka Al-Kitab (Taurat dan Injil) sesudah mereka, benar-benar berada dalam keraguan yang menggoncangkan tentang kitab itu. (QS 42: 14)

Allah telah menceritakan bahwa agama yang benar itu hanya satu yaitu agama Islam. Karena rasa ego dan kebanggan pada golongan masing-masing membuat agama menjadi terpecah dan terbagi-bagi

Sesungguhnya (agama tauhid) ini, adalah agama kamu semua, agama yang satu, dan Aku adalah Tuhanmu, maka bertakwalah kepada-Ku. Kemudian mereka (pengikut-pengikut rasul itu) menjadikan agama mereka terpecah belah menjadi beberapa pecahan. Tiap-tiap golongan merasa bangga dengan apa yang ada pada sisi mereka (masing-masing). (QS 23: 52 – 53)

Agama dari Allah adalah Satu dan sama yaitu Agama Islam, agama yang banyak dan berbeda adalah buatan Manusia

 =====

Related:

Islam, Agama Islam, Al-Qur’an, Tuhan, Allah Tuhan Yang Maha Esa, Maha Pengasih, Maha Penyayang, Satu Kemanusiaan, Nabi-nabi, Nabi Muhammad saw, Nabi Ibrahim as, Ka’bah,

loading...

Check Also

AWAS KOLESTEROL TINGGI

Kita sering mendengar kata “Kolesterol”. Apakah arti pentingnya kolesterol bagi tubuh kita? Kolesterol adalah salah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!