9 Jenis Durian Unggul Yang Paling Populer dan Diburu Petani, Pekebun dan Penikmat Durian Untuk Ditanam dan Dibudidayakan Indonesia

Saat ini ada 9 Jenis Durian Unggul Yang Paling Populer dan Diburu Petani, Pekebun dan Penikmat Durian Untuk Ditanam dan Dibudidayakan Indonesia. Durian adalah “King of Fruit” atau rajanya buah karena rasa dan aromanya yang khas. Durian, siapa yang tidak kenal buah berduri dan berbau menyengat ini. Banyak orang yang tidak suka dengan durian karena baunya yang menyengat, namun banyak juga yang menyukainya. Bahkan sangat banyak orang yang tergila-gila dengan rasa manis dan aroma dari buah ini.

9 Jenis Durian Unggul Yang Paling Populer dan Diburu Petani

9 Jenis Durian Unggul Yang Paling Populer dan Diburu Petani

Buah Durian berbentuk bulat hingga lonjong, terkadang tidak beraturan dan seluruh permukaan kulit buahnya dipenuhi duri-duri besar dan tajam. Karena banyaknya duri pada kulit buahnya inilah maka buah ini mendapat Nama Durian. Selain kulitnya yang berduri, durian mempunyai ciri khas yang lain yaitu Durian mempunyai aroma khas yang tajam dan menyengat. Aroma ini akan semakin kuat jika durian sudah masak. Daging buah durian mempunyai tekstur yang keras saat masih mentah kemudian berubah menjadi lembut saat matang. Kebanyakan teksturnya menjadi lembek saat sudah matang. Durian yang matang mempunyai rasa yang manis dan kadang-kadang agak pahit. Rasa, Aroma, Ukuran dan bentuk buah durian inilah yang membedakan antara jenis durian yang satu dengan jenis durian yang lain.

Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki berbagai jenis durian yang tersebar dihampiri seluruh wilayah. Ada ratusan jenis durian lokal yang tersebar dan biasanya mempunyai nama yang berbeda-beda. Disamping itu ada jenis-jenis durian unggul hasil seleksi durian lokal maupun hasil introduksi dari negara tetangga. Masing-masing jenis durian tersebut mempunyai keunggulan dan kekurangannya sendiri-sendiri. Berikut ini adalah sedikit penjelasan tentang 9 Jenis Durian Unggul Yang Paling Populer dan Diburu Petani, Pekebun dan Penikmat Durian Untuk Ditanam dan Dibudidayakan Indonesia:

Durian Bawor

Durian Bawor berasal dari daerah Banyumas dan sudah termasuk ke dalam kategori durian unggulan. Durian ini memiliki kemiripan dengan Durian Monthong, sehingga biasa disebut Durian Monthongnya Banyumas. Durian Bawor memiliki beberapa keistimewaan yaitu: Tanaman cepat berbuah (sekitar 3-4 tahun) dan dalam satu tahun bisa 2 sampai 3 kali panen. Durian Bawor Memiliki daging buah yang tebal, berwarna kuning sampai Orange dengan biji yang kecil (seperti bola kempes). Rasanya yang manis dan legit membuat semua orang ketagihan.

9 Jenis Durian Unggul Yang Paling Populer dan Diburu Petani

Durian Bawor di Banyumas

Durian Musan King

Durian Musa King berasal dari seputaran kepulauan Riau dan tanah malaka. Durian Musan King buahnya memiliki tekstur yang lembut dengan aroma yang harum dan rasa manis dan legit. Saat ini durian musan king menjadi buruan para penggemar durian di dalam maupun luar negeri. Harga durian musan king di Singapura dan Malaysia sangat mahal, bisa sampai 150.000 – 200.000 rupiah per kg. Durian musan king menjadi salah jenis durian yang layak untuk dikembangkan.

9 Jenis Durian Unggul Yang Paling Populer dan Diburu Petani

Buah Durian Musan king

Durian Ochee

Durian Ochee adalah varian durian musan king tetapi memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan durian musan king. Durian Ochee bisa tumbuh dan beradaptasi dengan baik di seluruh wilayah maupun cuaca di Indonesia.  Durian Ochee mempunyai daging buah yang lengket ketika dipegang, tetapi rasanya sangat legit pada saat daging buah durian ochee ini dinikmati. Durian Oche memiliki Rasa daging buah yang merupakan kombinasi rasa yang berbeda dan melekat di dalamnya seperti: gurih, hangat, lembut serta rasa manis yang bercampur pahit yang merupakan ciri khas buah durian.

9 Jenis Durian Unggul Yang Paling Populer dan Diburu Petani

Buah Durian Ochee

Durian Petruk

Durian Petruk berasal dari daerah Jepara, Jawa Tengah yang merupakan suatu daerah yang sangat terkenal dengan ukirannya yang khas. Durian Petruk adalah durian lokal yang sudah menjadi durian unggulan. Durian Petruk mempunyai ciri-ciri yang khas yaitu bentuk yang lonjong (Oval), Ujung agak runcing dan berwarna hijau kekuningan. Duri kulitnya berbentuk kerucut kecil dan rapat, daging buah agak tebal, berwarna kuning, bertekstur agak lembek, berserat halus dan bijinya kecil. Berat buah rata-rata 1,5 – 2kg kilogram. Durian Petruk memiliki rasa yang khas dan unik, yaitu setengah manis dan setengah pahit, jadi seperti terdapat rasa pahit yang tersembunyi dalam rasa manisnya. Durian Petruk sangat cocok bagi orang yang tidak menyukai aroma durian yang tajam karena durian petruk mempunyai aroma yang dianggap “nyaman” bagi hidung yang tak suka bau yang tajam. Aroma durian petruk ini tidak setajam aroma durian Montong.  Durian Petruk sangat tahan terhadap serangan hama penyakit tanaman sehingga bisa menjadi salah satu alternative jenis durian yang patut dipertimbangkan.

9 Jenis Durian Unggul Yang Paling Populer dan Diburu Petani

Buah Durian Petruk dari Jepara

Durian Bokor

Durian Bokor adalah durian Lokal yang berasal dari daerah Majalengka, Jawa Barat. Di daerah asalnya, Durian Bokor sering disebut dengan Durian Aden. Durian Bokor memiliki ciri-ciri: Ukuran buah besar dengan berat rata-rata mencapai 3-4 kg dan berwarna hijau sedikit kekuning-kuningan. Daging buahnya sedikit tebal berwarna kuning muda dan bertekstur halus, rasanya sangat manis dengan aromanya yang harum. Produktivitas Durian Bokor cukup tinggi yaitu sekitar 150-200 buah per pohon. Durian Bokor tahan terhadap serangan penyakit busuk akar tetapi peka terhadap serangan hama penggerek batang.

9 Jenis Durian Unggul Yang Paling Populer dan Diburu Petani

Buah Durian Bokor dari Jawa Barat

Durian Merah Banyuwangi

Durian Merah berasal dari Desa Kamiren Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur dan merupakan durian unggulan di Jawa Timur. Durian Merah disebut juga dengan Durian Abang atau Dabang. Durian Merah memiliki daging buah dengan warna merah yang memikat serta rasa yang amat lezat. Selain daging buahnya yang berwarna merah, Durian Merah mempunyai Ciri-ciri yang lain yaitu daging buahnya lebih tebal dengan kadar alkohol rendah. Durian Merah mempunyai rasa sangat manis, legit dan gurih dengan aroma buah yang menyengat. Kulit buah berwarna kuning namun biasanya berukuran lebih kecil dari durian lain. Ukuran buah terbesarnya mempunya berat sekitar dua kilogram. Walaupun berukuran kecil, Durian Merah memiliki daging buah yang berwarna merah menantang, lembut dan tebal dengan biji yang kecil. Durian Merah telah populer hingga ke beberapa negara.

9 Jenis Durian Unggul Yang Paling Populer dan Diburu Petani

Buah Durian Merah Banyuwangi

Durian Pelangi

Durian Pelangi berasal dari Manokwari, Papua Barat dan sudah termasuk Durian Unggulan dari Papua. Salah satu keunggulan durian pelangi adalah daging buahnya memiliki warna yang unik dan cantik yaitu perpaduan antara merah muda, merah tua dan krem dengan semburat hijau di sudut pongge. Perpaduan warna tersebut mempunyai efek gradasi yang khas sehingga terciptalah perpaduan warna yang unik layaknya sebuah pelangi. Inilah sebabnya durian ini disebut Durian Pelangi. Durian Pelangi memiliki rasa daging buah yang sangat manis dengan tekstur lembut tapi lengket. Durian Pelangi dapat tumbuh ideal di dataran rendah maupun dataran tinggi dengan ketinggian bisa sampai dua puluh meter. Durian Pelangi sangat menyukai kebersihan lahan sehingga dia dapat tumbuh bagus di daerah yang bersih dari rumput penganggu. Durian Pelangi bisa mencapai seratus hingga seratus lima puluh tahun usianya.

9 Jenis Durian Unggul Yang Paling Populer dan Diburu Petani

Buah Durian Pelangi dari Papua

Durian D24

Durian D24 mempunyai daging buah dengan rasa yang khas dan nikmat yang tidak kalah dengan durian unggulan lainnya. Daging buahnya tebal, berbentuk bulat, berwarna kuning dengan tekstur kering dan rasanya manis, legit. Durian D24 mempunyai ukuran buah yang tak terlalu besar sehingga kita bisa menikmati buah hingga Tuntas.  Durian D24 biasa disebut sebagai Durian Agung atau Durian Sultan.

9 Jenis Durian Unggul Yang Paling Populer dan Diburu Petani

Durian D24

Durian Montong

Durian Montong adalah durian unggul yang berasal dari Thailand. Durian Montong memiliki daging buah yang tebal berwarna putih kekuningan, rasanya manis tetapi sedikit kurang legit dengan aroma yang kuat dan menyengat. Gaging buah durian montong relative tebal dibandingkan dengan jenis-jenis durian lainnya. Didalam dagingnya yang tebal tersebut ternyata biji Durian Montong sangat kecil dan keriput. Setiap orang akan memperoleh kepuasan dan kenikmatan yang tak terkira saat makan durian ini. Durian Monthong mempunyai ciri-ciri antara lain durinya besar, buahnya terlihat menonjol dengan ukurannya yang besar. Bentuk buah durian montong tidak beraturan dengan bentuk bervariasi mulai bulat panjang sampai hampir persegi. Bobot Buahnya yang berukuran besar bisa mencapai mencapai 10 -15 kg. Durian montong banyak dikebunkan karena mempunyai produktivitas tinggi dan relative cepat berproduksi. Durian Montong sudah mulai berbuah pada Umur 4-5 tahun sejak di tanam. Secara Komersial, Durian Montong sudah dikebunkan di Jawa Tengah.

9 Jenis Durian Unggul Yang Paling Populer dan Diburu Petani

Buah Durian Montong

 

Related:

9 Jenis Durian Unggul, Durian Bawor, Durian Musan King, Durian Ochee, Durian Petruk, Durian Petruk dari Jepara, Durian Merah, Durian Merah dari Banyuwangi, Durian Merah dari Jawa Timur, Durian Pelangi, Durian Pelangi dari Papua, Durian Bokor, Durian Bokor dari Majalengka, Durian Bokor dari Jawa Barat, Durian D24, Durian Montong, Durian Montong di Jawa Tengah, Durian Unggul di Indonesia, Durian Lokal Unggulan, Rasa dan Aroma Durian, Budidaya Durian Unggul