Konsultan Ahli Tani, Bibit, Pupuk & Prasarana Pertanian

Tanaman Perkebunan

7 Langkah Mudah Membungakan dan Membuahkan Durian Sepanjang Tahun

7 Langkah Mudah dan Praktis untuk Membungakan dan Membuahkan Durian Sepanjang Tahun dapat dilakukan oleh Petani, pekebun dan Penghobi sehingga Durian bisa dipanen sepanjang tahun

7 Langkah Mudah dan Praktis untuk Membungakan dan Membuahkan Durian Sepanjang Tahun dapat dilakukan oleh Petani, pekebun dan Penghobi sehingga Durian bisa dipanen sepanjang tahun. Durian …. Siapa yang tidak kenal dengan buah yang kulitanya depenuhi dengan duri-duri tajam ini. Bentuknya buahnya yang khas dengan aroma yang menyengat membuat buah durian sangat mudah dikenali. Tak heran jika Durian adalah Rajanya Buah atau “King of Fruit” karena rasa dan aromanya yang khas. Banyak sekali orang yang tergila-gila dengan rasa manis, legit dan sedkit pahit dengan aroma buah ini yang menyengat ini.  Sayangnya buah durian adalah buah musiman sehingga hanya tersedia pada bulan-bulan tertentu saja. Dan Sekarang kita bisa membungakan dan membuahkan durian sepanjang tahun sesuai keinginan kita hanya dengan 7 langkah mudah.

7 Langkah Mudah dan Praktis untuk Membungakan dan Membuahkan Durian

7 Langkah Mudah dan Praktis untuk Membungakan dan Membuahkan Durian

Dengan berkembangya teknologi dan keinginan kita untuk bisa menikmati buah durian sepanjang tahun maka ditemukanlah beberapa teknik untuk membungakan durian sepanjang tahun. Teknik yang digunakan terbagi menjadi dua kelompok besar yaitu Teknik Konvensional dan Tehnik Modern. Secara Konvensional kita melakukan beberapa tindakan agronomis dan modifikasi tanaman untuk merangsang pembungaan. Sedangkan teknik modern menggunakan zat pengatur tumbuhan (ZPT) untuk mempengaruhi kinerja hormone di dalam tanaman.

Syarat-syarat Tanaman Durian yang siap dirangsang untuk dibungakan

Tidak semua tanaman durian bisa dibungakan diluar musimnya. Beberapa syarat dan kriteria tanaman durian yang siap dingakan dan dibuahkan di luar musim adalah sebagai berikut:

  • Tanaman harus tumbuh sehat dan kuat. Tanda tanda tanaman yang sehat dan kuat adalah percabangan merata, daun berwarna hijau tua mengkilap dan tidak sedang terserang hama atau penyakit.
  • Tanaman sudah cukup umur atau sudah pernah berbunga.
  • Tanaman sudah memasuki masa berhenti tumbuh (dormansi). Hal ini ditandai dengan tidak adanya pertumbuhan tunas tanaman dan daun baru (pupus).

Tehnik Membungakan dan Membuahkan Durian secara Konvensional

Membungakan dan membuahkan taaman pada prinsipnya adalah mengubah perbandingan unsur carbon (C) dan nitrogen (N) dalam tanaman. Hal ini bisa dilakukan secara mekanis dengan peralatan yang sederhana. Tehnik Membungakan Tanaman secara mekanis termasuk pembungaan dan Pembuahan buah durian di luar musim sudah banyak dilakukan sejak jaman nenek moyang kita. Ada 5 cara sederhana yang bisa merangsang pohon durian untuk berbunga dan berbuah yaitu:

  1. Tehnik Pengeratan – Tehnik ini cukup sederhana yaitu dengan jalan mengerat kulit pohon (pembuluh floem) melingkar sepanjang lingkaran pohon sampai kelihatan pembulutl xylem (kayu pohon). Panjang pengeratan sekitar 10 – 15 cm.
  2. Pruning atau Pemangkasan – Tehnik ini dilakukan dengan cara memangkas dan memotong daun, cabang dan ranting, hingga pohon gundul atau tersisa sedikit daun. Tanaman akan menjadi stress dan akhirnya terangsang untuk berbunga.
  3. Tehnik Pelukaan – Dilakukan dengan cara melukai pembuluh floem menggunakan benda tajam. Bentuknya bisa dengan cara mengerok, mencacah, memaku atau mengiris kulit kayu.
  4. Teknik Pengikatan – Pembungaan dan pembuahan dilakukan dengan cara mengikat pohon menggunakan kawat hingga transpor hasil fotosintesa pembuluh floem terhambat. Pengikatan harus dilakukan dengan erat supaya bisa menghambat aliran makanan dari daun ke seluruh bagian tanaman.
  5. Tehnik Pengeringan atau Water Stressing – Tehnik ini dilakukan dengan cara tidak menyiram tanaman hingga mencapai titik layu permanen, kemudian dengan tiba-tiba melakukan penggenangan perakaran dan pangkal batang hingga jenuh air dalam waktu tertentu.

Cara konvensional ini mempunyai kelemahan yaitu tak terukur dan tidak ada kepastian hasilnya. Kalau aplikasinya kebetulan pas, ya berhasil tapi kalau tidak pas ya gagal. Cara konvensional tersebut tidak direkomendasikan dalam skala budidaya komersial karena tidak bisa memberikan kepastian. Cara-cara mekanis tersebut juga bisa mengakibatkan kerusakan pohon secara fisik dan fisiologis.

Tehnik Membungakan dan Membuahkan Durian secara Modern

Cara terbaru untuk membungakan dan membuahkan buah durian di luar musim adalah dengan menggunakan bahan-bahan kimia pertanian (agro chemical). Bahan-bahan kimia pertanian yang digunakan berupa bahan aktif zat pengatur tumbuh (ZPT). Penggunaan ZPT pada dasarnya dilakukan pada tanaman yang dibungakan dan dibuahkan di luar musim dengan kondisi tidak akan kekurangan nutrisi yang dibutuhkan.  Cara ini sekarag banyak digunakan di perkebunan-perkebunan besar sampai dengan para penghoby buah durian Karen memberi kepastian hasil dan lebih terukur. Teknologi Kimia pertanian ini mengubah fisiologis tanaman durian dengan cara menghambat fase pertumbuhan vegetatif dengan peran hormon atau senyawa kimia tertentu, agar muncul fase generative yaitu bunga dan buah. Zat tersebut berperan aktif untuk mengubah alur pertumbuhan pada sel tanaman dengan cara menghambat pada waktu fase pertumbuhan vegetative agar dapat mengubah secepatnya muncul fase generatif (cepat berbunga dan berbuah).

Beberapa Bahan aktif ZPT yang dapat dibeli dan dipergunakan untuk membungakan dan membuahkan durian di luar musim diantaranya adalah NAA, Auxin dan Paklobutrazol. ZPT tersebut bisa dibeli di took-toko pertanian dan toko kimia pertanian.

Cara Kerja ZPT dan Kimia Pertanian

Natrium NAA (Naphthyl Acetic Acid/Asam Naftali Asetat), adalah jenis ZPT yang mempunyai kegunaan mendorong pembungaan serempak pada tanaman. Dengan konsentrasi 5-10 ppm atau sesuai petunjuk pemakaian pada label kemasan. Pemakaian bahan ini dilakukan dengan cara disemprotkan pada pangkal atau cabang batang yang telah diperiksa akan kemunculan bunga. Penyemprotan harus juga dilakukan merata ke seluruh bagian bawah daun terutama tepat pada stomata daun. Penyemprotan paling baik dilakukan pada waktu pagi hari  sekitar jam 06.00 sampai jam 10.00 WIB

Auxin secara khusus jarang diperdagangkan dengan merk dagang tertentu, karena harganya per miligramnya yang sangat mahal. Tergolong dalam bahan laboratorium yang bisa didapatkan di toko bahan kimia. Auxin digunakan dalam dosis kecil, part per million (ppm), berfungsi untuk merangsang perpanjangan sel, pembentukan bunga dan buah, pertumbuhan akar pada stek batang. memperpanjang titik tumbuh serta mencegah gugur daun dan buah.

Paklobutrazol di pasaran memiliki nama dagang diantaranya Patrol. Cultar. Goldstar. ZPT ini berfungsi menghentikan fase vegetatif dan memacu fase generatif. Penggunaan secara berlebihan dapat mengakibatkan. batang dan dahan getas daun mengeriting dan pertumbuhan vegetatif dapat terhenti (stagnan) hingga kurun waktu 3 tahun. Terbukti efektif dipergunakan pada tanaman keras seperti mangga, apel, jambu air, jeruk dan durian.

7 Langkah Mudah dan Praktis untuk Membungakan dan Membuahkan Durian

Persiapan untuk Membungakan dan Membuahkan Durian

7 Langkah Mudah dan Praktis untuk Membungakan dan Membuahkan Durian

Pupuk untuk Membungakan dan Membuahkan Durian

7 Langkah Praktis Tehnik Membungakan dan Membuahkan Durian Sepanjang Tahun Ala SAKANAto

  1. Siapkan Pupuk Organik Cair (POC) Sakanato, Sulfox, Dogumon dan Phospat 66. Jangan Lupa Siapkan Ember plastik 5 liter, Gayung, Air dan Kuas
  2. Larutkan 250 ml sulfok dalam 2,5 liter air. Aduk sampai Rata lalu Siram merata ke pangkal pohon Durian yang mau dibuahkan.
  3. Bersihkan batang pohon Mangga, Durian atau Manggis dg ketinggian 75 cm dari tanah.
  4. Ambil air satu gelas Aqua dengan gayung. Masukkan 20 ml dogumon dan 60 ml phospat 66 lalu aduk sampai rata. Kuaskan merata ke batang yg sdh dibersihkan tadi.
  5. 1 Hari Setelah Aplikasi Sulfox, Buat Larutan 250 ml Sakanato dalam 2,5 liter air. Tambah 100 gram NPK lalu diaduk sampai seluruh NPK larut sempurna. Siramkan Larutan tersebut pada pangkal pohon Durian yang sudah dikocor Sulfox sehari sebelumnya
  6. 5 Hari Setelah Aplikasi Sakanato, Buat Larutan 250 ml phospat 66 dalam 2,5 liter air. Tambahkan 100 gram NPK 16: 16: 16. Aduk sampai larut dan siramkan di pangkal pohon Durian yang sudah dikocor dengan Larutan Sakanato.
  7. 3 – 5 minggu setelah diberi perlakuan biasanya Pohon Durian sudah mulai berbunga.7 Langkah Mudah dan Praktis untuk Membungakan dan Membuahkan Durian

Primordia Bunga yang muncul setelah 6 minggu disemprot pupuk

7 Langkah Mudah dan Praktis untuk Membungakan dan Membuahkan Durian

7 Langkah Mudah dan Praktis untuk Membungakan dan Membuahkan Durian

7 Langkah Mudah dan Praktis untuk Membungakan dan Membuahkan Durian

Bunga Durian mulai bermekaran memberi harapan keuntungan

7 Langkah Mudah dan Praktis untuk Membungakan dan Membuahkan Durian

Durian Berbuah Sepanjang Tahun – Luar Biasa

Pupuk Organik Cair (POC) SAKANAto, Sulfox, Dogumon dan Phospat 66 yang kami gunakan tersebut sudah teruji di banyak kebun dengan berhasil yang memuaskan. Untuk memperoleh informasi lebih lanjut tentang pupuk tersebut, Silahkan Hubungi Nomer di bawah ini:

  1.  Selamet LDF  WA:  085711663458
  2. Ahmad Rifai    WA: 08113773669

Sakanato, Sulfox, Dogumon dan Phospat 66

Related:

7 Langkah Mudah Membungakan Durian, 7 Langkah Praktis Membungakan Durian, 7 Langkah Mudah Membuahkan Durian, 7 Langkah Praktis Membuahkan Durian, Membungakan dan Membuahkan Durian Sepanjang Tahun, Teknik Konvensional Membungakan durian di luar Musim, Membungakan durian diluar musim dengan Zat Perangsang Tumbuh, Mengatur Pembungaan dan Pembuahan Durian Sepanjang Tahun, Durian Berbuah sepanjang Tahun, Durian Berbuah diluar Musim, Pupuk Perangsang Pembungaan Durian, Pupuk Perangsang Durian Berbuah Terus Menerus

7 Comments

  1. Ijin praktek, semoga duren saya cepet buah

  2. dear pak Imam,
    untuk Langkah2nya, Point 1 belum paham ttg pembagian: 1pohon ada 24 cabang dibagi menjadi 12 bagian …bersealng seling.
    Bisa diilustrasikan/digambarkan pak
    Terima kasih

    • Comment by post author

      Ahmad Rifai

      Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel saya.

      Cabang dibagi 12 dan dikasih nomor itu jika kira mau tiap bulan membungakan secara bergiliran. Jika kira ingin 1 pohon berbuah barengan ya tidak perlu dibagi

      Salam

  3. Wiwik

    Pak durian saya sdh umur 8 tahun
    Sdh coba pupuk macam2 tidak mau berbunga sama sekali😭😭😭

Leave a Reply

error: Content is protected !!