Fakultas Pertanian UNSOED berhasil menemukan 3 Varietas Padi dengan Kandungan Protein Tinggi dan Amilosa Rendah sehingga menghasilkan Beras yang Pulen, Enak dan Tanpa Rasa Cemas Saat Memakannya

Fakultas Pertanian UNSOED berhasil menemukan 3 Varietas Padi dengan Kandungan Protein Tinggi dan Amilosa Rendah sehingga menghasilkan Beras yang Pulen, Enak dan Tanpa Rasa Cemas Saat Memakannya. Beras adalah sumber makanan pokok rakyat Indonesia dengan kandungan terbesarnya adalah karbohidrat. Asupan karbohidrat yang terlalu banyak bisa menjadi penyebab beberapa penyakit berbahaya seperti kencing manis atau diabetes militus. Seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat tentang kesehatan, Sebagian masyarakat mulai sadar dan mencari beras dengan kandungan protein tinggi dan karbohidrat rendah seperti beras merah. Belum semua masyarakat Indonesia menyukai beras merah karena lidah mereka belum terbiasa dengan tekstur dan rasa beras merah. Untuk itu perlu adanya usaha menciptakan varietas padi dengan kandungan protein tinggi dengan tekstur, Rasa dan aroma yang disukai masyarakat.

Galur Varietas Padi Berprotein Tinggi

Galur Varietas Padi Berprotein Tinggi

Prof. Totok Agung sedang mengamati Galur Varietas Padi Berprotein Tinggi

Prof. Totok Agung sedang mengamati Galur Varietas Padi Berprotein Tinggi

Fakultas Pertanian Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto Jawa Tengah berhasil mendapatkan 3 galur untuk dilepas menjadi varietas baru padi yang diharapkan tersebut. Melalui serangkain percobaan persilangan dan seleksi akhirnya berhasil merakit padi kaya protein super pulen yang disukai. Prof. Totok Agung Dwi Haryanto bersama peneliti Fakultas Pertanian Unsoed lainnya, Dyah Susanti dan DR Agus Riyanto, berhasil menciptakan padi kaya protein super pulen di Laboratorium Pemuliaan Tanaman Unsoed. Mereka berhasil menemukan galur-galur harapan padi protein tinggi dengan rasa super pulen yang saat ini berada dalam tahap akhir persiapan pelepasan varietas. Ketiga galur harapan tersebut adalah galur P-CH//MR-GN95, UNSOED PK 7 dan UNSOED PK 15. Verietas tersebut telah mendapatkan HaKI berupa tanda pendaftaran Varietas Tanaman Hasil Pemuliaan dari Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan perizinan Pertanian (Pusat PVTPP) Kementerian Pertanian.

Padi kaya protein ini kemudian mereka sebut “Beras Bebas Cemas” karena digadang bisa menghilangkan kecemasan akan kekurangan gizi, obesitas, maupun risiko diabetes. Beras bebas cemas ini mengandung protein sekitar 9 -13 persen atau lebih tinggi dibanding beras umumnya yang hanya memiliki kadar protein sekitar 7-8 persen. Dengan mengkonsumsi secara rutin beras berprotein tinggi ini diharapkan 40 persen kebutuhan protein bisa terpenuhi. Ketiga galur varietas unggul baru ini dinamakan Unsoed PK 7, Unsoed PK 15 dan GN 95. Prestasi ini masuk dalam “109 Inovasi Paling Prospektif-2017” versi Business Innovation Center (BIC), LIPI, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi yang seleksinya dilaksanakan mulai Juni 2017.

3 Galur Unggulan Padi Berprotein Tinggi dari Fakultas Pertanian UNSOED Purwokerto

3 Galur Unggulan Padi Berprotein Tinggi dari Fakultas Pertanian UNSOED Purwokerto

Galur Varietas Padi Berprotein Tinggi Siap dipanen

Galur Varietas Padi Berprotein Tinggi Siap dipanen

Padi berprotein tinggi karya anak bangsa ini bisa mendukung pemenuhan kebutuhan protein di daerah-daerah rawan kekurangan gizi. Padi ini juga sangat cocok dikonsumsi oleh orang yang tengah menjalani diet karbohidrat karena kandungan karbohidratnya lebih rendah dibanding beras pada umumnya. Padi galur varietas Unsoed PK 7, Unsoed PK 15 dan GN 95 ini juga unggul dari segi ukuran beras yang kecil, agak bulat dengan warna putih susu yang memikat. Kandungan amilosa yang rendah yaitu sekitar 13,56 persen membuat tekstur nasinya pulen, empuk dan sangat enak saat dimakan. Tingkat Kepulenan nasi dari padi protein tinggi Unsoed ini setara dengan beras jenis japonica sehingga sesuai untuk hidangan ala Jepang.  Pengembangan padi protein tinggi super pulen dapat menjadi salah satu alternatif mencegah impor beras untuk kelas tertentu (khusus). Kandungan proteinnya yang tinggi sampai 13 persen dan rasanya yang super pulen membuat ketiga galur varietas padi ini menjadi solusi pangan masa depan. Ketiga galur varietas tersebut sangat prospektif untuk mengantisipasi kecemasan kurang gizi, obesitas, dan resiko diabetis di masyarakat. Inovasi ini sangat prespektif karena sesuai dengan kebutuhan pangan jaman sekarang dan masa depan.

Packaging Galur Varietas Padi Berprotein Tinggi

Packaging Galur Varietas Padi Berprotein Tinggi

Nasi Galur Varietas Padi Berprotein Tinggi

Nasi Galur Varietas Padi Berprotein Tinggi

 

———————————————–
Disusun Oleh: Ir. Ida Ahmad Rifai, Blogger dan Internet Marketer
Disarikan dari Berbagai Sumber

Related:
3 Galur Unggulan, Galur Padi Ungul, Galur Padi Berprotein Tinggi, Padi Berprotein Tinggi, Varietas Padi Berprotein Tinggi, Beras Protein Tinggi, Beras Bebas Cemas, Beras Sumber Protein, Beras Rendah Karbohidrat, Padi dari Fakultas Pertanian Unsoed, Fakultas Pertanian UNSOED Purwokerto, Unsoed Purwokerto, Purwokerto Jawa Tengah