4 Destinasi Baru Agrowisata Buah Durian Bermutu Tinggi di Jawa Tengah

4 Destinasi Baru Agrowisata Buah Durian Bermutu Tinggi di Jawa Tengah. Siapa yang tidak suka dan tidak kenal dengan Durian yang merupakan buah favorit sebagian masyarakat penggemarnya. Durian bahkan dinobatkan sebagai raja buah-buahan daerah tropis. Buah dengan duri-duri besar yang menyelimuti seluruh kulitnya dengan baunya yang menyengat bahkan menjadi buruan para penyuka buah durian. Mereka bahkan rela berburu buah berduri ini sampai ke daerah pelosok dan bahkan rela merogoh koceknya untuk mendapatkan buah impiannya. Berikut adalah 4 daerah destinasi agrowisata baru di daerah jawa tengah yang merupakan sentra produksi buah durian unggul. Ke 4 daerahpenghasil durian tersebut adalah:

Kebun Durian Montong Desa Karanganyar

Kebun Durian Montong ini merupakan Kebun Durian dari SPT Petani Durian Binaan PT Pertamina (Persero) dan Yayasan Obor Tani, Semarang. Kebun Durian Montong ini terletak di Desa Karanganyar, Kecamatan Musuk, Kabupaten Boyolali, Propinsi Jawa Tengah. Petani di Desa Karanganyar pada umumnya adalah petani tegalan yang mengelola lahan kering dengan penghasilan yang sangat terbatas. Tantangan yang dihadapi petani adalah ketersediaan air yang sangat terbatas terutama di musim kemarau. Selain itu petani juga sangat terbatas dalam memperoleh informasi komoditas tanaman lahan kering yang berpotensi tinggi dan akses pemasarannya.

Pada tahun 2010, Pertamina bekerjasama dengan Yayasan Obor Tani melihat potensi daerah untuk dikembangkan menjadi sentra buah durian montong. Pertamina kemudian memberikan bantuan bibit buah durian montong sebanyak 2.800 kepada petani. Bibit-bibit durian montong tersebut diberikan kepada 121 orang petani yang tergabung dalam 2 kelompok tani yaitu kelompok Dusun Karanganyar dan Dusun Setro. Pemberian bibit buah durian ini juga diikuti dengan pendampingan cara tanam dan pemeliharaan tanaman durian montong yang baik dan benar dari Yayasan Obor Tani. Seiring dengan pemberian bibit ini juga dibangun wisma tani untuk berkumpulnya para petani buah durian. Selain itu juga dibangun paringan irigasi untuk pengairan pohon durian tersebut dari waduk yang sudah dibangun oleh pemerintah propinsi Jawa Tengah. Saat ini Desa Karanganyar, Kecamatan Musuk, Kabupaten Boyolali sudah menjadi sentra penghasil durian montong di Jawa Tengah. Kita bisa mendapatkan buah durian montong  dengan kualitas super dan terjamin. Kita bisa memperoleh durian masak pohon yang luar biasa lezat dan mak nyuss…

Durian Montong di Kabupaten Boyolali

Durian Montong di Kabupaten Boyolali

Kebun Durian Montong Desa Pododadi

Kebun Durian Montong di Desa Pododadi Kecamatan Karanganyar Kabupaten  Pekalongan dibuat dan ditanam pada tahun 2013. Kebun ini dikelola dan dimiliki sekitar 100 petani di sekitar embung mini yang dibangun dengan biaya Rp 500 juta dari APBD Provinsi Jawa Tengah. Embung mini dengan dilapisi geomembran ini bisa menampung air hujan hingga 7.000 meter kubik dan cukup untuk memenuhi kebutuhan tanaman durian seluas 20 Ha selama 6 bulan.

Para petani mendapatkan bantuan bibit buah durian montong, pupuk dan biaya perawatan hingga pohon berbuah dari sebuah bank milik pemerintah provinsi dan Kabupaten Pekalongan melalui program Corporate Social Responsibility (CSR). Petani juga mendapatkan pendampingan dan bimbingan teknis dari Yayasan Obor Tani Semarang. Kebun durian montong ini sudah mulai menghasilkan buah durian montong bermutu tinggi yang tak kalah dengan durian montong import.

Durian Montong Di Kabupaten Pekalongan

Durian Montong Di Kabupaten Pekalongan

Kebun Durian Montong Desa Gondowulan

Kebun Durian Montong yang satu ini terletak di desa Gondowulan Kecamatan Kepil Kabupaten Wonosobo. Penanaman bibit durian montong sebanyak 2.500 pohon dilakukan oleh para petani yang tergabung dalam Kelompok Tani di bawah bimbingan teknis Yayasan Obor Tani Semarang. Penanaman dilakukan pada tahun 2016 yang lalu. Kebun durian tersebut saat ini sudah mulai menghasilkan dan menjadi buruan para penghobis buah berduri di sekitar Kabupaten Wonosobo dan sekitarnya. Kita bisa menikmati lezatnya buah durian montong di tepi embung yang asri.

Durian Montong di Kabupaten Wonosobo

Durian Montong di Kabupaten Wonosobo

Embung Mini Geomembran Penangkap Hujan

Embung Mini Geomembran Penangkap Hujan

Kebun Durian di Kecamatan Sadang

Ada 3 Desa Di Kecamatan Sadang, Kabupaten Kebumen yang mempunyai kebun durian yaitu desa Cangkring, Desa Wanasari dan Desa Kedung Gong. Penanaman pohon durian unggul di Desa Cangkring dimulai tahun 2011 yaitu dengan diawali pembangunan embung mini geomembran. Embung dibangun dengan sumber dana APBD Provinsi Jateng dengan tujuan awal untuk cadangan air kebutuhan warga dan pertanian di musim kemarau. Pengembangan Desa Cangkring menjadi desa agrowisata durian dimulai tahun 2014 melalui Progam Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Masterplan  Percepatan Perluasan Pengurangan Kemiskinan  Indonesia. Pada waktu itu dialokasikan dana untuk pengadaan 1.945 batang bibit durian unggul. Bibit durian tersebut kemudian ditanam di pekarangan  warga dan di lahan di sekitar embung. Populasi pohon durian di desa itu bertambah, setelah Kementerian Pertanian, pada tahun anggaran 2017 memberi bantuan bibit durian sebanyak 1.800 pohon dan ditanam di sekitar embung. Pada bulan Januari 2018 – Februari 2018 sudah dilakukan panen raya durian yang pertama dalam program tersebut.

Durian Montong dengan Pengaturan Pembuahan

Durian Montong dengan Pengaturan Pembuahan

Durian Montong Kuning

Durian Montong Kuning