AHLITANI.COM

Konsultan Ahli Tani, Bibit, Pupuk & Prasarana Pertanian

Tanaman Perkebunan

7 Langkah Mudah Membungakan dan Membuahkan Durian Sepanjang Tahun

7 Langkah Mudah dan Praktis untuk Membungakan dan Membuahkan Durian Sepanjang Tahun dapat dilakukan oleh Petani, pekebun dan Penghobi sehingga Durian bisa dipanen sepanjang tahun

7 Langkah Mudah dan Praktis untuk Membungakan dan Membuahkan Durian Sepanjang Tahun dapat dilakukan oleh Petani, pekebun dan Penghobi sehingga Durian bisa dipanen sepanjang tahun. Durian …. Siapa yang tidak kenal dengan buah yang kulitanya depenuhi dengan duri-duri tajam ini. Bentuknya buahnya yang khas dengan aroma yang menyengat membuat buah durian sangat mudah dikenali. Tak heran jika Durian adalah Rajanya Buah atau “King of Fruit” karena rasa dan aromanya yang khas. Banyak sekali orang yang tergila-gila dengan rasa manis, legit dan sedkit pahit dengan aroma buah ini yang menyengat ini.  Sayangnya buah durian adalah buah musiman sehingga hanya tersedia pada bulan-bulan tertentu saja. Dan Sekarang kita bisa membungakan dan membuahkan durian sepanjang tahun sesuai keinginan kita hanya dengan 7 langkah mudah.

7 Langkah Mudah dan Praktis untuk Membungakan dan Membuahkan Durian

7 Langkah Mudah dan Praktis untuk Membungakan dan Membuahkan Durian

Dengan berkembangya teknologi dan keinginan kita untuk bisa menikmati buah durian sepanjang tahun maka ditemukanlah beberapa teknik untuk membungakan durian sepanjang tahun. Teknik yang digunakan terbagi menjadi dua kelompok besar yaitu Teknik Konvensional dan Tehnik Modern. Secara Konvensional kita melakukan beberapa tindakan agronomis dan modifikasi tanaman untuk merangsang pembungaan. Sedangkan teknik modern menggunakan zat pengatur tumbuhan (ZPT) untuk mempengaruhi kinerja hormone di dalam tanaman.

Syarat-syarat Tanaman Durian yang siap dirangsang untuk dibungakan

Tidak semua tanaman durian bisa dibungakan diluar musimnya. Beberapa syarat dan kriteria tanaman durian yang siap dingakan dan dibuahkan di luar musim adalah sebagai berikut:

  • Tanaman harus tumbuh sehat dan kuat. Tanda tanda tanaman yang sehat dan kuat adalah percabangan merata, daun berwarna hijau tua mengkilap dan tidak sedang terserang hama atau penyakit.
  • Tanaman sudah cukup umur atau sudah pernah berbunga.
  • Tanaman sudah memasuki masa berhenti tumbuh (dormansi). Hal ini ditandai dengan tidak adanya pertumbuhan tunas tanaman dan daun baru (pupus).

Tehnik Membungakan dan Membuahkan Durian secara Konvensional

Membungakan dan membuahkan taaman pada prinsipnya adalah mengubah perbandingan unsur carbon (C) dan nitrogen (N) dalam tanaman. Hal ini bisa dilakukan secara mekanis dengan peralatan yang sederhana. Tehnik Membungakan Tanaman secara mekanis termasuk pembungaan dan Pembuahan buah durian di luar musim sudah banyak dilakukan sejak jaman nenek moyang kita. Ada 5 cara sederhana yang bisa merangsang pohon durian untuk berbunga dan berbuah yaitu:

  1. Tehnik Pengeratan – Tehnik ini cukup sederhana yaitu dengan jalan mengerat kulit pohon (pembuluh floem) melingkar sepanjang lingkaran pohon sampai kelihatan pembulutl xylem (kayu pohon). Panjang pengeratan sekitar 10 – 15 cm.
  2. Pruning atau Pemangkasan – Tehnik ini dilakukan dengan cara memangkas dan memotong daun, cabang dan ranting, hingga pohon gundul atau tersisa sedikit daun. Tanaman akan menjadi stress dan akhirnya terangsang untuk berbunga.
  3. Tehnik Pelukaan – Dilakukan dengan cara melukai pembuluh floem menggunakan benda tajam. Bentuknya bisa dengan cara mengerok, mencacah, memaku atau mengiris kulit kayu.
  4. Teknik Pengikatan – Pembungaan dan pembuahan dilakukan dengan cara mengikat pohon menggunakan kawat hingga transpor hasil fotosintesa pembuluh floem terhambat. Pengikatan harus dilakukan dengan erat supaya bisa menghambat aliran makanan dari daun ke seluruh bagian tanaman.
  5. Tehnik Pengeringan atau Water Stressing – Tehnik ini dilakukan dengan cara tidak menyiram tanaman hingga mencapai titik layu permanen, kemudian dengan tiba-tiba melakukan penggenangan perakaran dan pangkal batang hingga jenuh air dalam waktu tertentu.

Cara konvensional ini mempunyai kelemahan yaitu tak terukur dan tidak ada kepastian hasilnya. Kalau aplikasinya kebetulan pas, ya berhasil tapi kalau tidak pas ya gagal. Cara konvensional tersebut tidak direkomendasikan dalam skala budidaya komersial karena tidak bisa memberikan kepastian. Cara-cara mekanis tersebut juga bisa mengakibatkan kerusakan pohon secara fisik dan fisiologis.

Tehnik Membungakan dan Membuahkan Durian secara Modern

Cara terbaru untuk membungakan dan membuahkan buah durian di luar musim adalah dengan menggunakan bahan-bahan kimia pertanian (agro chemical). Bahan-bahan kimia pertanian yang digunakan berupa bahan aktif zat pengatur tumbuh (ZPT). Penggunaan ZPT pada dasarnya dilakukan pada tanaman yang dibungakan dan dibuahkan di luar musim dengan kondisi tidak akan kekurangan nutrisi yang dibutuhkan.  Cara ini sekarag banyak digunakan di perkebunan-perkebunan besar sampai dengan para penghoby buah durian Karen memberi kepastian hasil dan lebih terukur. Teknologi Kimia pertanian ini mengubah fisiologis tanaman durian dengan cara menghambat fase pertumbuhan vegetatif dengan peran hormon atau senyawa kimia tertentu, agar muncul fase generative yaitu bunga dan buah. Zat tersebut berperan aktif untuk mengubah alur pertumbuhan pada sel tanaman dengan cara menghambat pada waktu fase pertumbuhan vegetative agar dapat mengubah secepatnya muncul fase generatif (cepat berbunga dan berbuah).

Beberapa Bahan aktif ZPT yang dapat dibeli dan dipergunakan untuk membungakan dan membuahkan durian di luar musim diantaranya adalah NAA, Auxin dan Paklobutrazol. ZPT tersebut bisa dibeli di took-toko pertanian dan toko kimia pertanian.

Cara Kerja ZPT dan Kimia Pertanian

Natrium NAA (Naphthyl Acetic Acid/Asam Naftali Asetat), adalah jenis ZPT yang mempunyai kegunaan mendorong pembungaan serempak pada tanaman. Dengan konsentrasi 5-10 ppm atau sesuai petunjuk pemakaian pada label kemasan. Pemakaian bahan ini dilakukan dengan cara disemprotkan pada pangkal atau cabang batang yang telah diperiksa akan kemunculan bunga. Penyemprotan harus juga dilakukan merata ke seluruh bagian bawah daun terutama tepat pada stomata daun. Penyemprotan paling baik dilakukan pada waktu pagi hari  sekitar jam 06.00 sampai jam 10.00 WIB

Auxin secara khusus jarang diperdagangkan dengan merk dagang tertentu, karena harganya per miligramnya yang sangat mahal. Tergolong dalam bahan laboratorium yang bisa didapatkan di toko bahan kimia. Auxin digunakan dalam dosis kecil, part per million (ppm), berfungsi untuk merangsang perpanjangan sel, pembentukan bunga dan buah, pertumbuhan akar pada stek batang. memperpanjang titik tumbuh serta mencegah gugur daun dan buah.

Paklobutrazol di pasaran memiliki nama dagang diantaranya Patrol. Cultar. Goldstar. ZPT ini berfungsi menghentikan fase vegetatif dan memacu fase generatif. Penggunaan secara berlebihan dapat mengakibatkan. batang dan dahan getas daun mengeriting dan pertumbuhan vegetatif dapat terhenti (stagnan) hingga kurun waktu 3 tahun. Terbukti efektif dipergunakan pada tanaman keras seperti mangga, apel, jambu air, jeruk dan durian.

7 Langkah Mudah dan Praktis untuk Membungakan dan Membuahkan Durian

Persiapan untuk Membungakan dan Membuahkan Durian

7 Langkah Mudah dan Praktis untuk Membungakan dan Membuahkan Durian

Pupuk untuk Membungakan dan Membuahkan Durian

7 Langkah Praktis Tennik Membungakan dan Membuahkan Durian Sepanjang Tahun Ala Imam Taufiq

Imam Taufiq adalah seorang Sarjana pertanian yang bergerak di dalam kegiatan-kegiatan praktis di dunia pertanian. Dia menemukan sebuah ramuan khusus yang bisa merangsang pohon durian bisa berbunga dan berbuah di luar musimnya. Kita bisa mengatur kapan pohon durian kita akan berbunga dan berbuah sehingga kita bisa panen di luar musim. Panen durian di luar musim berarti keuntungan yang berlipat-lipat karena harga durian yang membumbung tinggi. Inilah 7 langkah praktis membungakan dan membuahkan durian sepanjang tahun ala Pak Imam Taufiq:

  1. Tentukan Dahan Durian yang akan dibungakan dan dibuahkan. Untuk tujuan Pembungaan dan pembuahan sepanjang tahun, Cabang Utama dibagi menjadi 12 bagian. Misalnya I pohon mempunyai 24 cabang maka cabang tersebut dibagi menjadi 12 dan masing-masing cabang diberi angka 1 sampai 12 secara berselang-seling sehingga nantinya bunga yang muncul bisa saling menyerbuk dan membuahi.
  2. Pilihlah dahan yang menjuntai ke nawah agar kita bisa mendapatkan pembungaan yang cepat. Dahan yang dipilih bisa dahan utama maupun dahan sekunder. Dahan yang menjuntai ke bawah biasanya sudah terisi penuh oleh bahan-bahan hasil fotosintesa dan siap untuk berbunga
  3. Siapkan Pupuk yang akan disemprot dengan jalan melarutkan pupuk tersebut dalam air bersih. Dosis yang dianjurkan adalah 20 cc pupuk dilarutkan dalam 14-liter air dan diaduk sampai merata. Masukkan larutan dalam tangka semprot atau hand sprayer lalu semprotkan secara merata hingga dahannya basah oleh larutan. Semprot semua dahan sampai batas dimana dahan tersebut kuat menopang buah yang akan terbentuk. Penyemprotan tidak perlu sampai pucuk karena nantinya tidak akan kuat menopang buah yang terbentuk.
  4. Dahan No. 1 disemprot dahulu misalnya pada bulan Januari dan dahan No. 2 disemprot pada bulan berikutnya yaitu bulan Pebruari. Demikian seterusnya untuk Dahan No.3 pada bulan Maret, Dahan No. 4 Pada Bulan April dan seterusnya.
  5. Tiga minggu kemudian disemprot kembali seperti pada penyemprotan pertama.
  6. 2-3 minggu kemudian akan terlihat primordia bunga mulai bermunculan dari dahan yang disemprot.
  7. Bila Belum keluar bunga setelah dilakukan peyemprotan 2 kali maka periksalah kembali indicator-indikator pada tanaman. Indikator yang digunakan adalah Warna daun, Ukuran Daun, Keras lemasnya Daun dan Aktifitas Tunas Muda atau Pucuk.
7 Langkah Mudah dan Praktis untuk Membungakan dan Membuahkan Durian

Primordia Bunga yang muncul setelah 6 minggu disemprot pupuk

7 Langkah Mudah dan Praktis untuk Membungakan dan Membuahkan Durian

7 Langkah Mudah dan Praktis untuk Membungakan dan Membuahkan Durian

7 Langkah Mudah dan Praktis untuk Membungakan dan Membuahkan Durian

Bunga Durian mulai bermekaran memberi harapan keuntungan

7 Langkah Mudah dan Praktis untuk Membungakan dan Membuahkan Durian

Durian Berbuah Sepanjang Tahun – Luar Biasa

Pupuk yang digunakan oleh Bapak Imam Taufiq tersebut sudah teruji dan berhasil. Foto-foto dibawah adalah hasil perlakuan pupuk tersebut untuk mengatur pembungaan dan Pembuahan Durian Sepanjang Tahun. Pupuk ini harganya sangat murah yaitu 150.000 rupiah per botol isi 100 ml plus ongkos kirimnya. Pupuk Tersebut bisa dipesan melalui Koperasi Agro Manunggal Delima Via

  1. Ida Ahmad Rifai    WA: 08113773669

  2. Baroroh Barid HP 081325147047.

Untuk Pembinaan dan bimbingan intensif bisa menghubungi:

Ida Ahmad Rifai    WA: 08113773669

Ir. Imam Taufiq     WA 088806130452

7 Langkah Mudah dan Praktis untuk Membungakan dan Membuahkan Durian

Bapak Imam Taufiq dengan Pohon Durian Yang Berbuah Sepanjang Tahun

Related:

7 Langkah Mudah Membungakan Durian, 7 Langkah Praktis Membungakan Durian, 7 Langkah Mudah Membuahkan Durian, 7 Langkah Praktis Membuahkan Durian, Membungakan dan Membuahkan Durian Sepanjang Tahun, Teknik Konvensional Membungakan durian di luar Musim, Membungakan durian diluar musim dengan Zat Perangsang Tumbuh, Mengatur Pembungaan dan Pembuahan Durian Sepanjang Tahun, Durian Berbuah sepanjang Tahun, Durian Berbuah diluar Musim, Pupuk Perangsang Pembungaan Durian, Pupuk Perangsang Durian Berbuah Terus Menerus

 

Leave a Reply

Theme by Anders Norén

error: Content is protected !!