AHLITANI.COM

Konsultan Ahli Tani, Bibit, Pupuk & Prasarana Pertanian

Sekilas Info

SAKANAto – PUPUK ORGANIK CAIR (POC) PEMBENAH TANAH JEMPOLAN

Apakah POC SAKANAto?

POC SAKANAto adalah pupuk organik cair (POC) yang dibuat dari ekstrak protein ikan laut, glikogen, dan diperkaya dengan mikroorganisme menguntungkan bagi pembenah tanah dan pertumbuhan tanaman. Glukosa merupakan bahan dasar nutrisi tanaman yang dapat diubah menjadi produk akhir suatu tanaman (pati, lemak/minyak, vitamin, dan mineral organik) melalui suatu proses reaksi enzimatik dengan bantuan enzim dan hormone tertentu. Fermentasi Glukosa dan Asam amino menghasilkan banyak energi yang dapat meregulasi energi fotosintesis baik reaksi gelap maupun terang. Komponen bio-molekul mensintesa asam lemak membentuk fosfolipit sebagai cadangan dan sumber energi untuk meregulasi semua system enzim dan penyerapan nutrisi dalam metabolisme sel tanaman

Tanah adalah basis ekosistem bagi kehidupan di dunia terutama tanaman. Management Pengelolaan Lahan dan Tanah harus diperhatikan ketika kita mulai melakukan kegiatan usaha pertanian (Agrobisnis) sehingga. Survey dan penelitian awal tentang lahan dan tanah harus dilakukan sebelum kita membuka lahan dan tanah untuk usaha pertanian.

POC SAKANAto dan Green Tambo

POC SAKANAto dan Green Tambo

Survey dan penelitian awal tentang kondisi tanah akan memberikan kita informasi tentang topografi tanah, jenis tanah, struktur tanah, tingkat kesuburan tanah dan unsur hara tanah lainnya. Kondisi lahan dan tanah pertanian yang sudah ada pada umumnya sudah mengalami penurunan kesuburan tanah. Penurunan kesuburan tanah ini antara lain disebabkan oleh:

  • Unsur hara diserap oleh tanaman secara terus menerus tanpa adanya pengembalian hara ke tanah
  • Adanya proses erosi dan pencucian oleh air, angin dll yang terjadi dalam waktu lama dan terus menerus.
  • Akibat pola budidaya dan perilaku manusia yang kurang bijaksana terhadap tanah misalnya penggunaan pupuk an organic yang tidak seimbang, penggunaan perstisida yang sangat berbahaya bagi ekosistem, biota tanah dan manusia itu sendiri.

Usaha untuk mengembalikan potensi dan kesuburan tanah sudah mulai dilakukan  dengan mingkatakan  kandungan bahan organik kedalam tanah. Pemberian Pupuk kendang, pupuk Kompos, pupuk hijau, penanaman tanaman penutup tanah, penghijauan adalah usaha untuk mengembalikan dan menjaga kesuburan tanah. Salah satu cara paling mudah untuk mengembalikan kesuburan tanah adalah dengan penggunaan POC SAKANAto.

POC SAKANAto adalah salah satu pupuk organic cair yang bisa berfungsi sebagai alat pembenah tanah.  Kandungan 7 mikroorganisma menguntungkan dalam pupuk sakanato bisa memperbaiki sifat fisik, kimia dan biologi tanah. POC SAKANAto adalah pupuk organic yang sangat ramah lingkungan, sangat efektif mempercepat pertumbuhan tanaman, meningkatkan produktivitas dan kualitas hasil tanaman. POC SAKANAto adalah pupuk organic cair yang sangat bagus sebagai faktor pembenah tanah yang berkualitas tinggi, sangat praktis dan harganya sangat murah.

POC SAKANAto bisa di padukan dengan pupuk kompos, pupuk kandang, pupuk hijau ataupun pupuk an organic (pupuk kimia) lainnya. Perpaduan ini sudah terbukti dan teruji mampu meningkatkan produktivitas tanaman, kualitas hasil yang prima dan ramah lingkungan. POC SAKANAto yang diproduksi oleh CV Sakanato Indonesia Agri (SIA) – Malang, Indonesia ini adalah pupuk Organik murah tetapi kualitasnya bisa diandalkan. POC SAKANAto akan mampu memberikan hasil yang maksimal dalam memperbaiki kondisi tanah sebagai media tumbuh tanaman jika diaplikasikan Bersama dengan Pupuk Organik Padat yang sudah difermentasi dengan baik dan benar. Untuk itulah CV Sakanato Indonesia Agri juga memproduksi popuk organik padat sebagai kelengkapan untuk mendampingi dan mempercepat proses perbaikan tanah oleh POC SAKANAto agar efektif dan efisien. Pupuk Organik Padat (POP) diberi nama Green Tambo. Green Tambo adalah Pupuk Organik Padat (POP) yang dibuat dari kotoran hewan (Kambing, sapi, kerbau) dan difermentasi dengan menggunakan precursor khusus sebagai pendamping POC SAKANAto. POP Green Tambo ini sudah digiling dan diayak dengan ukuran tertentu yang seragam.

Kemasan Pupuk Organik Cair SAKANAto

Kemasan Pupuk Organik Cair SAKANAto

Kandungan Unsur Hara pada POC SAKANAto

POC SAKANAto mengandung unsur hara yang sangat penting bagi pertumbuhan tanaman. Unsur Hara yang terkandung dalam POC SAKANAto berupa nutrisi organik yang siap diserap tanaman ketika POC SAKANAto diaplikasikan ke tanah atau tanaman. Nutrisi organik ini sangat bermanfaat dalam proses pertumbuhan dan produksi tanaman.

Beberapa unsur hara penting didalam POC SAKANAto adalah: Total N 0.59%, Total P2O5 0.24%, K2O 2.35%, CaO 1.06%, MgO 0.18%, Protein 3.68%, C Organik 20.22%, Cl 0.43%, Mangan (Mn) 0.001%, Boron (Bo) 2 ppm, dan Molybdenum (Mo) 0.42%

Kandungan Mikro Organisme pada POC SAKANAto

POC SAKANAto mengandung sejumlah mikroorganisme menguntungkan yang secara ilmiah sudah dibuktikan Lab Balai Besar Peneitian dan Pengembangan Sumberdaya Lahan Pertanian Cimanggu – Bogor. Kandungan mikroorganisme merugikan seperti Escherichia coli dan Salmonella Sp di dalam POC SAKANAto adalan < 30 stn mpn/g. Kandungan mikroorganisme tersebut sudah memenuhi kriteria dan syarat sebuah product masuk kategori Pupuk Organik Cair (POC) sesuai peraturan pemerintah. Kandungan mikroorganisme didalam POC SAKANAto adalah:

  • Lactobasilus sp : 2.0 X 106 sel/ml
  • Azotobacter sp : 2.3 X 106 sel/ml
  • Mikroba selulotik : 1.5 X 104 sel/ml
  • Pseudomonas sp : 1.7 X 106 sel/ml
  • Mikroba pelarut phosphate : 3.5 X 104 sel/ml
  • Azospirillum sp : 3.0 X 104 sel/ml
  • Escherichia coli : < 30 stn mpn/g
  • Salmonella sp : < 30 stn mpn/g
  • Bakteri penambat N : Positif

Disamping mikro organisme tanah, kandungan nutrisi bagi tanaman juga berfungsi sebagai pengurai (dekomposer) dan penyedia nutrisi dari alam.

Kandungan Unsur Hara dan Mikroorganisme di dalam POC SAKANAto

Kandungan Unsur Hara dan Mikroorganisme di dalam POC SAKANAto

Beberapa Keunggulan POC SAKANAto, antara lain:

  • Memperbaiki sifat fisik, kimia dan biologi tanah sekaligus menjaga kesuburan tanah sehingga unsur-unsur hara dalam tanah bisa dimanfaatkan tanaman secara maksimal untuk pertumbuhannya.
  • Memenuhi kebutuhan nutrisi (hara) tanaman.
  • Merangsang pertumbuhan akar tanaman sehingga akar tanaman tumbuh lebih sehat, lebih banyak dan lebih Panjang.
  • Merangsang dan mempercepat pertumbuhan vegetative tanaman. Daun tanaman menjadi lebih hijau mengkilat, tunas-tunas tumbuh lebih banyak dan lebih sehat.
  • Merangsang pembentukan bunga, buah dan umbi serta mengurangi kerontokan bunga dan buah (mengandung hormon/ZPT Auksin, Giberellin dan Sitokinin).
  • Meningkatkan produktivitas dan kualitas hasil panen 20% – 50 % dari biasanya (Panen lebih optimal).
  • Meningkatkan ketahanan (resistensi) tanaman terhadap serangan hama dan penyakit tanaman
  • Mempercepat usia panen (relatif lebih cepat).
  • Membantu tanaman mengikat nitrogen (N) dari udara bebas.
  • Melarutkan fosfor yang ada didalam tanah dan mempercepat masa panen.
  • Secara bertahap akan mengurangi penggunaan pupuk an organic (kimia) sampai dengan 30-60 %.
  • Mengurai residu pestisida dalam tanah.
  • Membantu perkembangan mikroorganisme tanah yang bermanfaat bagi tanaman (cacing tanah, Penicilium glaucum, trichoderma, mikorhiza dll).

Penting Untuk di perhatikan dalam Aplikasi POC SAKANAto

  1. POC SAKANAto sangat efektif jika dibarengi dengan penggunaan POP Green Tambo. POP Green Tambo bisa diganti dengan Pupuk Organik Padat (POP) yang lain seperti Pupuk Kandang, Pupuk Kompos, Pupuk Hijau dll.
  2. Pemakaian Sakanato jangan bersamaan dengan pupuk an organic (pupuk kimia), Penggunaan pupuk an organic sebaiknya dilakukan 3 – 5 hari setelah pemberian pupuk organic cair SAKANAto.
  3. POC SAKANAto di berikan lebih dulu 3 – 5 hari sebelum pupuk an organik (pupuk kimia) diaplikasikan.
  4. Penggunaan POC SAKANAto tidak boleh dicampur dengan pestisida.
  5. Pastikan tangki/sprayer telah bersih atau bebas dari bahan kimia residu pestisida. Cuci tangka/sprayer dengan sabun dan bilas dengan air hangat minimal 2 kali sebelum digunakan untuk penyemprotan.
Produses POC SAKANAto dan Green Tambo

Produses POC SAKANAto dan Green Tambo

Cara Memperoleh POC SAKANAto

POC SAKANAto belum diedarkan secara masal di pasaran. Informasi dan cara mendapatkan POC SAKANAto dan Green Tambo bisa diperoleh dengan menghubungi kontak person berikut ini:

  1. Ida Ahmad Rifai : 08113773669
  2. Annas Sholikhin : 08121638444
  3. Sugeng Wahono : 081216944403

Related Words:

Sakanato, POC Sakanato, Green Tambo, POP Green Tambo, Pembenah Tanah Sakanato, Kandungan Hara Sakanato, Kandungan Mikroorganisme Sakanato, Sakanato Asia Agri, Pupuk Organik Cair Sakanato, Pupuk Organik Padat Green Tambo, Pupuk Organik, Pupuk An Organik, Pupuk Kandang, Pupuk Kompos, Pupuk Hijau,

Leave a Reply

Theme by Anders Norén

error: Content is protected !!